CIBINONG - Sebanyak tiga pelajar Kabupaten Bogor, kembali mewakili Provinsi Jawa Barat dalam perlombaan Olimpiade Siswa Nasional (OSN) jenjang SMP di tingkat Nasional yang akan dihelat di Kabupaten Seleman, Yogyakarta pekan ini.
 
Kepala Seksi Peserta Didik SMP Disdik Kabupaten Bogor, Susilawati menjelaskan, ketiga murid yang mengikuti OSN tingkat Nasional diantaranya, SMPK Penabur Kota Wisata, Kenji Gunawan, SMP IT Al Khafi, Salmaa Nabilah, dan SMPN 1 Gunungputri, Muhammad Al Giffari Ardiansyah.
 
"Ketiga murd tersebut mewakili dua cabang perlombaan yakni, untuk mata pelajaran matematika dan IPS," jelasnya.
 
Dikatakan Susi, sebelum melangkah ke tingkat nasional. Para murid akan melalui tahap pembekalan dari pihak Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. 
 
"Hal ini dilakukan untuk meningkatkan potensi dari para peserta sebelum bertanding. Dimana masa karantina dimulai pada tanggal 26-30 Juni, di LPMP Jawa Barat," ungkapnya.
Salah satu Peserta OSN SMP Nasional, Muhammad Al Giffari mengatakan, dirinya dan kawan-kawan merasa optimis mampu memboyong gelar juara ke Kabupaten Bogor.
 
"Sejumlah persiapan telah kami lakukan, seperi latihan soal, menganalisa dan berdikusi bersama pembina untuk memberikan rasa motivasi. Untuk pelaksanaan lomba akan dimulai pada tanggal, 30 Juni - 6 Juli yang bertempat di salah satu hotel di Kabupaten Seleman, Yogyakarta," tuturnya.
 
Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Luthfie Syam berharap, capaian prestasi ini mampu menjadi motivasi bagi para pelajar lainnya di daerah.
"Setiap tahunnya Kabupaten Bogor selalu masuk dalam perlombaan tingkat nasional. Hal tersebut membuktikan bahwa tingkat kompetensi dari tenaga pengajar, serta pelajar kita mampu bersaing baik dalam hal akademik ataupun softskill seperti olahraga ataupun seni," cetusnya.(DisdikPorlap)