CIAWI – Menerapan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah, menghantarkan SMPN 3 Ciawi menjadi juara lomba sekolah sehat tingkat daerah tahun 2019.

 Ketua Program Sekolah Sehat SMPN 3 Ciawi, Iis Aryani menjelaskan, pihaknya sangat senang dan bangga atas raihan prestasi tersebut.

 “Pada dasarnya penerapan program PHBS merupakan konsep pengembangan pembinaan kesiswaan. Namun, untuk mendapatkan hasil yang segnifikan maka disingkroninsasikan dengan kegiatan sekolah sehat,” jelasnya kepada PAKAR, Kamis (27/6).

 Dipaparkannya, terdapat beberapa program serta pengembangan PHBS yang diterapakan di sekolahnya.

 “Diantaranya mulai dari pengelolahan limba organik menjadi kompos, biopori, pembenahan sistem dan fasilitas sanitasi, hingga mengadakan penyuluhan kesehatan bagi para murid hingga guru,” papar Iis.

 Waka Kesiswaan SMPN 3 Ciawi, Ridwan mengemukakan, selain meraih juara I program sekolah sehat. Tahun ini juga sekolahnya menjadi peserta adiwiyata tingkat provinsi.

 “Target jangka panjangan sekolah dengan adanya program ini diantaranya, melakukan edukasi bagi masyaratan dan lembaga imbas sekitar. Dengan tujuan meningkatkan kualitas kesehatan,” ungkapnya.

 Sementara, Kepala SMPN 3 Ciawi, Ari Widayati berharap, dengan prestasi ini mampu dijadikan motivasi, baik bagi murid ataupun guru dalam menjunjung tinggi program PHBS di sekolah.

 “Dengan terciptanya suasana dan kesehatan sekolah, akan sangat mempengaruhi kualitas pembelajaran murid. Dimana mereka bisa lebih nyaman dalam mengikuti semua kegiatan. Selain itu, menumbuhkan kebiasaan prilaku hidup bersih baik ketika mereka berada di masyarakat,” harapnya.(DisdikPorlap)