TANJUNGSARI – Mengusung tema gerakan sekolah menulis buku, SMPN 1 Tanjungsari diganjar penghargaan Literasi Tingkat Nasional yang diberikan Lembaga Nyalanesia.

Pembina Literasi SMPN 1 Tanjungsari, Purwati menjelaskan, penghargaan ini didapatkan sekolahnya berkat penilaian keaktifan literasi pada lembaga pendidikan di tahun 2021.

“Katagori yang kami berhasil dapatkan yakni, sekolah aktif literasi, kepala sekolah aktif berliterasi, Pembina literasi dan guru berdedikasi, serta inovasi program literasi pada peserta didik,” jelasnya.

Untuk tujuan program, lanjut Purwati, kegiatan literasi dikembangkan pihaknya dalam upaya mewadahi bakan dan kreatifitas seluruh warga sekolah terutama guru dan siswa dalam hal pengembangan sastra.

“Output unggulan dari kegiatan literasi di sekolah kami yakni, melucurkan Buku Antologi Puisi karya Guru dan Siswa,” ungkapnya.

Kepala SMPN 1 Tanjungsari, Lilis Suryayulpiana mengatakan, pihaknya sangat mendukung program pembengan literasi di sekolahnya.

Diakuinya, program literasi sangat diminati oleh para peserta didik, terbukti dengan hasil rutin output hasil sastra di masing-masing kelas.

“Literasi tidak hanya berhenti di kegiatan membaca atau menulis, namun lebih dari itu kami ingin mengembangkannya kearah pemupukan kompetensi serta bakat anak dalam menciptakan sebuah karya sastra yang sesuai dengan karakter mereka masing-masing,” harapnya.(Admin/Prolap/Disdik)