Guna meningkatkan produktifitas serta pengembangan minat bakat murid dalam bidang literasi. SMPN 1 Leuwiliang mengadakan serangkaian lomba bertemakan sastra, dalam giat bulan bahasa 2019, Jumat (1/11). Ketua Penyelenggara Bulan Bahasa SMPN 1 Leuwiliang, Abdul Azis menjelaskan, kegiatan ini merupakan kali kedua dilakukan pihaknya. “Kita mulai mengadakan kegiatan bulan bahasa mulai dari tahun kemarin. Dimana acara ini ditujukan untuk, meningkatkan dan mengembangkan kreatifitas para murid dalam bidang literasi,” jelasnya. 
Dikatakannya, tahun ini terdapat tujuh mata lomba yang diadakan sekolah, dalam pelaksanaan bulan bahasa. “Ketujuh lomba tersebut yakni, cipta puisi, baca puisi, menulis cerpen, mendongeng, membaca UUD 1945, story telling, dan membuat poster. Dimana kegiatannya diikuti ratusan murid dari perwakilan 27 kelas,” papar Abdul Azis. 
Wakasek Kesiswaan SMPN 1 Leuwiliang, Aep Saripudin mengatakan, selain bertujuan untuk meningkatkan wawasan para murid. Kegiatan ini juga diarahkan menjadi filterasi bibit unggul, guna persiapan lomba literasi tingkat daerah. “Setiap tahunnya Disdik Kabupaten Bogor selalu mengadakan kegiatan lomba literasi. Maka dari itu pelaksanan bulan bahasa ini juga, dijadikan ajang pencairan bakat,” ungkapnya. 
Sementara, Kepala SMPN 1 Leuwiliang, Rismalasari berharap, penerepan pembinaan literasi bukan hanya sebatas pelaksanaan bagi anak. Namun, lebih jauh peserta diarahkan untuk bisa menciptakan output. “Saya berharap melalui kegiatan ini, akan banyak murid yang bisa mengeluarkan hasil karaya sastranya. Sekolah sendiri mendukung, serta telah menyediakan sarpras penunjang bagi program tersebut,” cetusnya.(Disdikprolap)