CITEUREUP – Sebagai bentuk konsistensi penerapan program Adiwiyata di sekolahnya, SMPN 1 Citeureup menyelenggarakan pelantikan Genarasi Hijau kemarin, (31/03).

Kepala SMPN 1 Citeureup, Taryana menjelaskan, pelantikan Generasi Hijau ini bertujuan untuk meregenerasi dan menciptakan pioneer penggerak adiwiyata di kalangan siswa.

“Generasi Hijau ini beranggotakan 30 orang siswa yang merupakan perwakilan dari setiap kelas. Dimana program ini merupakan aplikasi kami sebagai sekolah adiwiyata tingkat nasional,” jelasnya.

Untuk tugas, lanjutnya, mulai dari menjadi pelopor adiwiyata, sosialisasi gerakan anti plasik, hingga mengarahkan siswa lain untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Besar harapan kami melalui program ini, dapat menjadi memotivasi besat bagi peserta didik dalam mengembangkan budaya PHBS di sekolah. Dikarenakan jika sesame teman sebaya, pembiasaan karakter akan lebih efektif, lantaran pembentukannya menjadi trend dan secara tidak langsung membuat kebiasaan baik nantinya,” papar Taryana.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah mengatakan, pihaknya sangat mendukung program adiwiyata yang dilaksanakan SMPN 1 Citeureup.

“Dengan adanya Pancakarsa terutama, Karsa Bogor Cerdas dan Bogor Sehat. Pengimpelementasian sekolah Adiwiyata ini sangat perlu kita kembangkan lebih lanjut. Dikarenakan program tersebut tidak berhenti di titik kebersihan sekolah saja, namun lebih dari itu membiasakan warga sekolah agar menerapkan PHBS di setiap lingkungannya,” pungkasnya.(Admin/Prolap/Disdik)