Guna meningkatkan penguatan pendidikan karakter murid. SMP Islam Al-Barokah Cisarua, menggalakan program keagamaan untuk bidang kesiswaan. 
Waka Kesiswaan SMP Islam Al-Barokah Cisarua, Enda Prameswara menjelaskan, kegiatan ini merupakan program pembinaan rutin yang dilakukan sekolah, untuk pengembangan karakter murid berbasis keagamaan. “Setiap harinya sebelum memulai kegiatan belajar mengajar, para murid melakukan tadarus bersama. Selain itu, setiap minggunya tepatnya pada Jumat pagi diadakan Jumat Ngaos, sesuai dengan program Bogor Ngaos Bupati Bogor,” jelasnya. 
Dikatakannya, diikuti seluruh murid dari jenjang kelas VII-IX, termasuk para dewan guru. “Program keagamaan lainnya yakni, sinergi pagi yang diisi dengan kegiatan kultum, tadarus, sholat duha, dan tahfidz,” papar Enda. 
Kepala SMP Islam Al Barokah Cisarua, Nina Ardena mengatakan, pembinaan karakter juga dilakukan, dalam pengembangan kemampuan softskill murid melalui ekstrakurikuler. “Selain ektrakurikuler wajib yakni, pramuka, Palang Merah Remaja (PMR). Kami juga menyediakan kegiatan lainnya seeprti, futsal, basket, pencak silat, volly, narawis, dan hadroh,” tuturnya. 
Sambung Nina, dengan adanya serangkaian program pembinaan tersebut, pihaknya berharap para muridnya memiliki kompetensi akademik hingga softskill keterampilan yang berwawasan karakter dengan maksimal.(Disdikprolap)