Guna meningkatkan kompetensi penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). SMK Motivasi Insani, Kecamatan Cibinong menyelenggarakan kegiatan bulan bahasa di sekolah kemarin, (4/11). Wakasek Kesiswaan SMK Motivasi Insani, Siti Nurjanah menjelaskan, kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan sekolah, dalam pengembangan literasi bagi para murid. “Pelaksanannya diadakan setahun sekali, sebagai peringatan Bulan Bahasa di sekolah. Dimana kali ini diikuti sebanyak 110 peserta dari perwakilan setiap kelas,” jelasnya.

Lanjutnya, terdapat lima mata lomba yang dilaksanakan dalam kegiatan bulan bahasa di sekolahnya. “Kelima lomba tersebut yakni, musikalsiasi puisi, mendongeng, menulis cerpen, menghias pojok dan kelas literasi. Untuk kegiatannya bertajuk Almostrasia, selain itu juga kami mengadakan HATAGAWA (Hari Tanpa Gawai), dimana guru dan peserta didik selama setengah hari tidak menggunakan gawai dan mengharuskan kegiatan membaca buku,” papar Siti.

Kepala SMK Motivasi Insani, Ratu Tanti Rizkya, melalui kegiatan ini pihaknya mengarahkan agar para murid hingga guru, meningkatkan kompetensi dalam bidang literasi. “Oleh sebab itu, lomba yang diadakan berhubungan dengan bahasa dan sastra. Semoga dengan adanya kegiatan bulan bahasa ini bisa menumbuhkan lagi minat baca dan kecintaan siswa dan siswi SMK Motivasi Insani terhadap bahasa dan sastra Indonesia,” katanya.

Terpisah, Ketua OSIS SMK Motivasi Insani, Fidela Cahya Indari menambahkan, pihaknya mengaku cukup puas dengan Almostrasia 2019 ini, dengan harapan tahun depan harus lebih baik lagi. “Para murid snagat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, kami harap tahun depan acaranya akan dibuat lebih besar dengan penambahan program lomba-lomba lainnya,” harapnya.(Disdikprolap)