GUNUNGSINDUR – Mengusung tema teknologi ramah lingkungan, Siswa SMPN 3 Gunungsindur berhasil meraih juara dalam ajang Gelar Inovasi Daerah Kabupaten Bogor Tahun 2021.

Pembina Program Inovasi SMPN 3 Gunungsindur, Rr. Arum Setyorini menjelaskan, tahun ini pihaknya mengusung tema adiwiyata melalui teknologi peningkat kualitas udara.

“Alat tersebut bernama Siperud atau Si Penyaring Udara buatan siswa kami Aditya Yusuf Winata Rachman, dan berhasil meraih juara utama dalam bidang Inovasi jenjang pelajar SMP Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Siswa SMPN 3 Gunungsindur, Aditya Yusuf Winata Rachman mengatakan, ide kereatifnya ini muncul dari konsep kesehatan pada satuan pendidikan yang mengusung tema adiwiyata.

“Pada dasarnya udara atau oksigen sangat dibutuhkan oleh mahluk hidup terutama manusia. Untuk menciptakan suasana nyaman, aman dan sehat serta tidak tercemar asap polusi di sekitar. Maka dari itu saya membuat Siperdud ini yang berfungsi untuk menyaring asap polusi limbah pembakaran menjadi ramah lingkungan, serta meminimalisir tingkat bahaya paparan kepada tubuh,” paparnya.

Kepala SMPN 3 Gunungsindur, Siti Salami menambahkan, untuk kedepannya pihaknya akan terus melakukan pengembangan terkait salah satu teknologi karya siswanya ini.

“Insallah, kedepannya akan kami kembangkan untuk penelitian lebih lanjut, guna menambah efektifitas penyaringan limbah udara, sehingga nanti dapat dimanfaatkan masyarakat luas,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Juanda Dimasyah mengapersiasi dan bangga atas raihan prestasi serta karya inovasi peserta didiknya.

“Tidak menutup kemungkinan kedepannya kita bisa melombakan teknologi-teknologi serta inovasi dari khusus bagi pelajar dengan event yang lebih besar lagi. Sebagai motivasi serta wadah peserta didik menyalurkan minat bakatnya dalam kompetensi,” cetusnya.(Admin/Prolap/Disdik)