Guna mencegah adanya penyakit menular, dan berbahaya bagi kesehatan pelajar. Ratusan murid SDN Ciomas 04, Kecamatan Ciomas mengikuti kegiatan imuniasasi yang dilaksanakan Puskesmas Ciomas, Jumat (15/11). Kepala Puskesmas Ciomas, Entin Supriatin menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). “Pemberian meliputi imunisasi Diphteria Tetanus (DT), dan Tetanus Diphteria (TD),” jelasnya. 
Dikatakannya, pemberian kedua vaksin tersebut berfungsi untuk mencegah terjadinya virus yang disebabkan infeksi, tetanus, difteri, dan pertusisi (Rejan). “Pada umumnya penyakit Dt akan menyerang tubuh disertai timbulnya infeksi di bagian mukosa, saluran pernapasan dan kulit yang terluka. Biasanya gejala yang ditimbulkan di antaranya demam secara tiba – tiba, tumbunya membran kelabu yang menutupi bagian dari saluran pernapasan,” papar Entin. 
Lanjut Entin, untuk tentanus sendiri merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Biasanya penyakit ini dapat menyebabkan kejang, pada otot dan berakhir pada kematian. Kejang tersebut berawal dari rahang dan leher. “Hal ini perlu diwaspadai dengan melakukan imunisasi dt dengan rutin sesuai jadwal yang telah ditentukan dari pihak kesehatan,” katanya. 
Kepala SDN Ciomas 04, Jakaria menuturkan, untuk mendukung peningkatan kesehatan para muridnya, pihaknya juga rutin melakukan serta menggalakan Pola Hidup Sehat dan Bersih (PHBS). “Penerapan PHBS kami lakukan mulai dari pembiasaan sadar gizi, olahraga, hingga sosialisasi kepada orangtua murid akan kesehatan peserta didik baik di sekolah, ataupun di lingkungan rumahnya masing-masing,” pungkasnya.(Disdikprolap).