Bertempat di STIE IPWIJA, Kecamatan Gunungsindur. Komunitas Pendidik Indonesia Pelapor Perubahan (PIPP) Kabupaten Bogor, menyelenggarakan kegiatan pelatihan pembuatan buku digital, dan teknik menulis wikipedia bagi puluhan dosen perguruan tinggi akhir pekan kemarin.
 
Ketua PIPP Kabupaten Bogor, Nina Krisna Ramdhani menjelaskan, pelaksanaan pelatihan ini mengarah kepada para dosen di STIE IPWIJA mulai tanggal  5-16 Juli.
 
"Pelaksanaan pelatihan akan dibagi menjadi dua jenis yakni, tatap muka pada tanggal 5 Juli. Sementara, embahasan secara daring akan dimulai tanggal 6-16 Juli, dengan total peserta sebanyak 50 dosen," jelasnya.
 
Dikatakannya, tujuan dari pelatihan ini diantaranya, melakukan penguatan kompetensi dosen agar mampu membuat modul atau buku perkuliahan berbasis digital. Selain itu, nantinya mengarahkan adanya publikasi di aplikasi pengunduhan data di googleplay book.
 
"Akan terdapat 12 materi pelatihan yang menjelaskan, tentang sistem penggunaan buku digital dan aplikasi wikipedia," ujar Nina.
 
Sementara, Koordinator STIE IPWIJA, Dr.Terry Soemitro mengatakan, pasca pelaksanaan kegiatan ini, jangka panjang seluruh buku modul perkuliahan akan dibuat secara digital.
 
"Membuat Buku digital berformat EPUB dengan editor SIGIL yang dapat dibaca menggunakan aplikas Readium pada  google chrome, mengumpulkan Modul Mata kuliah dengan 1-3 halaman  yang dibuat oleh masing-masing dosen,  untuk dibuat Modul kuliah yang ber-ISBN dan diterbitkan di google play books, hingga fasilitasi akses penulisan bagi oengajar di wikipedia," pungkasnya.(Disdikporlap)