Bogor, 26 Agustus 2021

Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris ( MGMP) Bahasa Inggris SMP kabupaten Bogor bersama Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta telah menyelenggarakan workshop virtual tentang pengembangan literasi digital guru Bahasa Inggris dalam mengelola pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada tanggal 26 Agustus 2021 yang dihadiri oleh 80 guru Bahasa Inggris se- kabupaten Bogor. Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Program Pengabdian pada Masyarakat (P2M) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor melalui kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris Kabupaten Bogor. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mengenalkan aplikasi pembelajaran daring dan meningkatkan literasi media digital guru.
   Nurwidi Astuti, M.Pd selaku ketua MGMP memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara workshop dan dilanjutkan oleh Dr. Sudarya Permana selaku Koordinator  Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNJ menyampaikan tujuan dan target kegiatan workshop.  Kegiatan workshop ini dibagi dalam 2 sesi, sesi pertama workshop dibawakan oleh Lasito, M.App.Ling dengan materi Aplikasi Schoology untuk Pembelajaran Bahasa Inggris. Dalam sesi ini peserta diajarkan cara membuat akun di Schoology, cara membuat kelas virtual, dan mengisi kelas tersebut dengan konten pembelajaran. Materi kedua oleh Dr. Hanip Pujiati   membahas tentang fungsi dari poster dan infografik serta prinsip prinsip pengembangan poster dan infografik untuk pengajaran Bahasa Inggris yang diikuti dengan praktik pembuatan poster dan infografik digital yang dipandu oleh Muhammad Satrio
Sesi kedua workshop membahas tentang pengajaran menulis writing yang diintegrasikan dalam platform pembelajaran daring Microsoft teams dan Google Classroom. Pada sesi ini I Wayan Darya, MA menunjukkan cara bagaimana memanfaatkan Wiki yang merupakan salah satu fitur dalam Microsoft teams untuk mengajarkan keterampilan menulis secara kolaboratif (collaborative writing). Sementara itu, Dr. Sudarya Permana, M.Hum menyampaikan prinsip-prinsip penilaian hasil belajara siswa serta pengembangan instrument penilaian menulis dan diikuti dengan pemanfaatan Google form – fitur yang dimiliki Google dan terintegrasi dengan Google Classroom, untuk membuat berbagai jenis instrument penilaian untuk menilai keterampilan menulis siswa. Beberapa tim dosen UNJ yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Ibu Wachidah, Ph.D, Ibu Rika M.Pd, Ibu Imas M.Pd dan Bapak Dr. Muchlas Suseno.
Para guru sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir dan dilanjutkan dengan praktek mandiri dari materi yang disampaikan. Salah satu peserta, ibu Daryati Sri Diningsih dari SMPN 1 Cibinong,  menyampaikan bahwa kegiaan ini memberikan pengalaman baru bagi para guru khususnya tentang media digital dalam pembelajaran daring. Sejalan dengan ibu Daryati ini. Beberapa guru juga mengusulkan agar kegiatan ini ada tindaklanjutnya dibawah  bimbingan dari tim dosen dan mahasiswa UNJ. Sebagai follow up kegiatan ini, dibuat group Whatsapp untuk komunkasi antar tim dosen dan para guru sekaligus sebagai forum untuk mendiskusikan tugas-tugas mandiri yang diberikan pada peserta workshop. Tepat pukul 16.30 kegiatan workshop virtual berakhir.