Bertempat di salah satu hotel di Jalan Raya Puncak Bogor, Kecamatan Megamendung. Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS) SD Kabupaten Bogor, menyelenggarakan program pelatihan pembuatan Karya Tulis Ilmiah (KTI), Rabu (3/7).

 

Ketua KKPS SD Kabupaten Bogor, Bachtiar menjelaskan, kegiatan ini merupakan agenda rutih tahunan yang dilaksanakan organisasi pengawas.

 

“Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas, serta komptensi dari para pengawas dalam memenuhi Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi),” jelasnya.

Dikatakannya, tema pelatihan kali ini mengangkat penjelasan mengenai, pembuatan KTI atau Best Praktice dengan kajian intrumen akreditasi dalam menguatan komptensi profesionalisme pengawas.

 

“Pengembangan KTI atau Best Praktice merupakan salah satu komponen dalam segi pengawasan. Terlebih, materi yang akan dibahas yakni, evaluasi, observasi, serta profesionalisme dalam kegiatan akreditasi sekolah,” tutur Pengawas SD Kecamatan Cibinong itu.

 

Lanjut Bachtiar, pasca pelatihan ini nantinya aka nada program publikasi KTI, dalam tingkat satuan gugus.

 

“Hal ini bertujuan untuk memotivasi rekan-rekan, dalam pengembangan, observasi, pelaksanaan, dan evaluasi pengawasan di wilayahnya masing-masing. Dengan harapan peningkatkan kualitas layanan, hingga manajerial lembaga,” harapnya.

 

Sementara, Kepala Bidang Pembinaan GTK Disdik Kabupaten Bogor, Asep A.Sudrajat mengemukakan, mengingat adanya kekurangan jumlah pengawas SD, penguatan komptensi wajib dilakukan.

 

Diakuinya, pada 2020 nanti terdapat sekitar 20 orang pengawas SD yang akan memasuki masa purnabakti.

 

“Maka dari itu, pengawas harus memiliki komptensi yang sangat memadai. Agar mampu melakukan pembinaan kepada kepala sekolah, hingga guru dalam hal pemenuhan Tupoksi, serta manajerial kelembagaan agar terciptanya kualitas unit pendidikan yang memenuhi delapan standar,” pungkasnya.(Disdikporlap)