Bertempat di SDN Cibitung Kulon 2, sebanyak ratusan guru jenjang Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Pamijahan. Mengikuti kegiatan pengembangan impelentasi materi Kurikulum 2013 kemarin, (5/7).

 

K3S SD Kecamatan Pamijahan, Arifin menjelaskan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pemercepatan penerapan Kurikulum 2013 di wilayahnya.

 

“Pelaksanaan dipusatkan di sekolah gugus, dengan meliputi 171 peserta dari 36 SD se-Kecamatan Pamijahan,” jelasnya.

 

Dipaparkannya, program penguatan ditujukan bagi kelas II, III, V, dan VI SD.

"Paparan materi melibatkan pengawas sebagai asesor dan pembina di wilayah. Untuk pengisian komponen pelatihan meliputi, pengertian Kurtilas, sistem mengajar, kebijakan, dan perubahan proses penilaian serta pengembangan model penerapan,” papar Arifin.

 

Pengawas SD Kecamatan Pamijahan, Dedi Suparyadi mengatakan, pelaksanaan pelatihan dilakukan secara berkelanjutan, baik yang dilaksanakan secara mandiri ataupun berkelompok.

"Program penguatan mula dilakukan pada awal pekan ini. Dikarenakan bertepatan dengan masa libur sekolah, sehingga lembaa memiliki waktu yang cukup guna menyelenggarakan," ungkapnya.

 

Sementara,  Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SD Disdik Kabupaten Bogor, Wawan Kuswandi menuturkan, hingga pertengahan 2019 sebanyak 90 persen sekolah dasar, telah menerapkan Kurikulum 2013.

 

“Pemertaan Kurtilas wajib dilakukan pada tahun ajaran 2020/2021. Dengan sisa sebanyak 10 persen lembaga yang belum menerapkannya, kami optimis akhir Desember nanti sudah merata diterapkan di seluruh sekolah," tegasnya.(Disdikporlap)