Bertempat di SDN Parakan 04, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor. Sebanyak ratusan guru se-Kecamatan Ciomas, mengikuti kegiatan penguatan kompetensi yang dilakukan Kelompok Kerja Guru (KKG). Ketua K3S SD Kecamatan Ciomas, Dudung Rohmat menjelaskan, program pelatihan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan pihaknya, dalam penguatan kompetensi tenaga pendidik. “KKG kali ini mengusung tema meningkatkan pemanfaatan media pembelajaran IT bagu guru, dalam penilaian dan aplikasi rapot kurikulum 2013,” jelasnya. 
Lanjutnya, kegiatan diikuti sebanyak 121 peserta yang terdiri dari, 66 guru kelas, 33 guru mata pelajaran, 11 operator sekolah, 10 kepanitiaan, dan 1 pengawas sebagai narasumber. “Adaun materi yang dipaparkan meliputi, peningkatan keaktifan keanggaotaan KKG, meningkatkan pemanfaatan media pembelajaran IT, hingga pemetaan administrasi pengajaran serta pembelajaran kepada murid sesuai kompetensinya masing-masing,” papar Dudung. 
Sementara, Kepala Seksi GTK SD Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Susilawati menuturkan, pihaknya sangat mendukung kegiatan penguatan kompetensi yang dilakukan KKG. “Saat ini terdapat hampir 225 unit KKG yang tersebar di gugus-gugus se-Kabupaten Bogor. Fungsi dari KKG sendiri, merupakan wadah pengembangan kompetensi tenaga pendidik di satuang lingkup wilayah,” ungkapnya. 
Diakuinya, pengembangan penguasaan IT bagi para tenaga pendidik memang menjadi salah satu materi yang sedang digalakan pemerintah. “Hal tersebut dikarenakan saat ini dunia pendidikan telah memasuki era 4.0 yang mana, proses pembelajaran mulai diarahkan kepada pengembangan digitalisasi serta teknologi dengan tujuan pengajaran bebasis High Order Thinking Skill (HOTS) pada murid,” papar Susi. 
Sambung Susi, pihaknya berharap melalui KKG ini mempercepat penyebaran, dan penguasaan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan daerah. “Sebagai pendukung penguatan program KKG, Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor juga rutin mengadakan pelatihan bagi para ketua dan pengurus, agar unit tersebut berjalan dengan efektif di tiap wilayahnya,” harapnya.(Disdikprolap).