CIBINONG – Pada kegiatan Resepsi dan Anugerah Pendidikan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kabupaten Bogor tahun 2017, di gedung Tegar Beriman, Cibinong, Selasa (2/5), Kepala Dinas Pendidkan (Kadisdik) Kabupaten Bogor, TB. A. Luthfi Syam menyatakan, kualitas sekolah – sekolah di wilayah Kabupaten Bogor tidak kalah dengan kualitas sekolah yang berada di wilayah kota.

Menurutnya, pihaknya telah melakukan berbagai upaya dan membuktikan bahwa kualitas sekolah beserta anak didik di Kabupaten Bogor sudah jauh lebih baik. “Masih ada orientasi dari para orang tua termasuk muridnya, bahwa sekolah di Kabupaten Bogor ini secara grade dibawah kota. Sekarang kita sudah buktikan, tapi kita juga berharap para orang tua juga berubah orientasinya,” ujar Luthfi.

Ia pun mengungkapkan, lembaga pendidikan di Kabupaten Bogor beberapa tahun kebelakang sempat menjadi sekedar tempat menimba ilmu bagi para anak didik yang sifatnya hanya sementara.

“Kita tidak mau lembaga pendidikan kita di Kabupaten Bogor itu hanya sekedar tempat transit, hanya sementara di Kabupaten Bogor. Seperti yang sempat terjadi pada tahun lalu, di satu semester pertama bersekolah di Kabupaten Bogor, semester berikutnya memindahkan anaknya ke sekolah yang ada di kota,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengutarakan, bahwa penyelesaian persoalan pendidikan di wilayah Kabupaten Bogor tidak hanya merupakan tugas Pemerintah Kabupaten Bogor, dalam hal ini dinas Pendidikan Kabupaten Bogor semata, campur tangan berbagai pihak terutama masyarakat tetap diperlukan untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

“Jadi ini perlu komitmen dari semua, kami dari Disdik ingin memberikan pelayanan ke sekolah supaya sekolah ini menjadi unggul, tapi pada sisi yang lain semua stakeholder termasuk masyarakat juga harus memberi kesempatan dan harus punya keyakinan bahwa pendidikan kita bisa maju,” tegas Luthfi. (ARI/Disdik Kab. Bogor)