CIBINONG – Bertempat di Gedung Aula Serbaguna Yayasan Al-Madinah Cibinong. Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor berserta Kemendikbud RI menyelenggarakan kegiatan Forum Pemangku Kepentingan Daerah Program Sekolah Penggerak Tahun 2021.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi dan evaluasi terhadap kebijakan dan progres Program Sekolah Penggerak di daerah.

“Kabupaten Bogor sendiri merupakan salah satu daerah yang memiliki satuan pendidikan terbanyak mengikuti program sekolah penggerak dengan jumlah 4 Paud, 32 SD, 21 SMP, 14 SMA, dan 3 SLB,” jelasnya.

Lanjutnya, program sekolah penggerak ini juga didukung penuh oleh Bupati Bogor, Ade Yasin yang mana pada Tahun 2020 lalu, Kabupaten Bogor juga sudah menandatangani MoU dengan Kemendikbud RI sebagai komitmen pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Sebagai dukungan penuh, Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor juga melakukan penguatan kompetensi khusus bagi tenaga pendidik dan kependidikan yang terdaftar sebagai peserta program sekolah penggerak,” ungkap Juanda.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Jumeri mengatakan, pihaknya sangat mendukung program sekolah penggerak di Kabupaten Bogor.

“Melalui program sekolah penggerak ini diharapkan mampu menjadi trobosan untuk menjawab lima tantangan yang kita hadapi yakni tentang Ekosistem, Guru, Pedagogi, Kurikulum, dan sistem penilian. Kita tidak bisa pungkiri pergeseran era pendidikan 4.0 sangat berpengaruh besar, terlebih pada saat masa pandemi Covid-19 ini, para tenaga pendidik dituntut untuk menciptakan inovasi metode pembelajaran aktif tanpa keterbatasan jarak dengan murid,” pungkasnya.(Admin/Prolap/Disdik)