Bertempat di Ruang Auditorium Serbaguna, Cibinong. Pemerintah Kabupaten Bogor memanggil puluhan kepala sekolah dari berbagai jenjang, untuk menerima penghargaan gelar juara Lomba Sekolah Sehat (LSS) 2019, Kamis (11/7).
 
Kepala TK Negeri Pembina Cibinong, Nawang Sekar Giri menjelaskan, dalam LSS tahun ini pihaknya mendapatkan gelar juara I untuk katagori jenjang Pendidikan Anak Usia Dini.
 
"Untuk katagori juara LSS jenjang Pendidikan Anak Usia Dini diantaranya, TK Generasi Ahad, TK Islam Mutiara, R.A Darussalam, dan TK Al Azhar Syifa Budi," jelasnya.
 
Lanjutnya, untuk  katagori pemenang LSS terpisah menjadi beberapa jenjang yakni, TK, SD, SMP, dan SMA/SMK.
 
"Kami sangat senang bisa meraih gelar ini. Terlebih, juara LSS akan sangat memotivasi seluruh guru, orangtua, dan peserta didik agat lebih giat menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," ungkap Nawang.
 
Sementara, Kepala SMPN 3 Ciawi, Ari Widayati menuturkan, pihaknya berhasil menjadi juara untuk katagori SMP.
 
Dipaparkannya, terdapat beberapa program serta pengembangan PHBS yang diterapakan di sekolahnya.
 
“Diantaranya mulai dari pengelolahan limba organik menjadi kompos, biopori, pembenahan sistem dan fasilitas sanitasi, hingga mengadakan penyuluhan kesehatan bagi para murid hingga guru,” papar Ari.
 
Sambungnya, dengan prestasi ini mampu dijadikan motivasi, baik bagi murid ataupun guru dalam menjunjung tinggi program PHBS di sekolah.
 
“Dengan terciptanya suasana dan kesehatan sekolah, akan sangat mempengaruhi kualitas pembelajaran murid. Dimana mereka bisa lebih nyaman dalam mengikuti semua kegiatan. Selain itu, menumbuhkan kebiasaan prilaku hidup bersih baik ketika mereka berada di masyarakat,” harapnya.(Disdikporlap)