Guru Sains SMPN 3 LEUWILIANG Kab. Bogor Dikukuhkan sebagai DUTA SAINS PPPPTK IPA Bandung 2020

Mengikuti program pengembangan kualitas tenaga pendidik yang diadakan Dirjen GTK Kemendikbud RI dan P4TK IPA Bandung. Guru SMPN 3 Leuwiliang, Isnaini Cahyanto berhasil didaulat sebagai Duta Sains P4TK IPA Bandung Tahun 2020. “Saya sangat senang sekaligus bangga dengan raihan ini, karena berhasil membanggakan nama Kabupaten Bogor. Dimana kegiatannya dilakukan secara daring (oniline),” jelas Isnaini Cahyanto.
Lanjut Isnaini, pelaksanaan program dilakukan pada Tanggal 18 Juni. “Duta Sains sebagai media untuk mengkampanyekan P4TK IPA Bandung secara nasional sebagai agen perubahan pembelajaran Sains, terkait juga dengan portal guru berbagi, program DIDAMBA, dan Rumah Belajar,” tuturnya.

Dipaparkannya, sebagai salah satu alumni terbaik diantaranya yakni telah berhasil melakukan berbagai penelitian ilmiah (PTK, kualitatif, research and develepment), penulisan artikel ilmiah di berbagai jurnal lokal maupun nasional, best practice, instruktur pelatihan penggunaan alat praktikum IPA untuk guru-guru SD, mendiseminasikan pembelajaran Sains berbasis Inkuiri di Bogor dan Pontianak (Kalimantan Timur), Pembelajaran sains berbasis STEM di Bogor, dan aktif membuat media berbasis digital, misal aplikasi Penyelidikan IPA yang dapat digunakan siswa-siswinya melalui android. “Output yg diharapkan yakni tersosialisasilannya berbagai program P4TK IPA Bandung dan menggerakan guru-guru IPA khususnya, dan guru semua mata pelajaran pada umumnya untuk selalu meningkatkan mutu kualitas pembelajaran di kelasnya masing2,” papar Isnaini.

Kepala SMPN 3 Leuwiliang, Iip Aripin mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi atas raihan prestasi dari salah satu tenaga pendidiknya tersebut. “Saat Anda memulai menjadi pendidik, saat itulah awal learning to teach (belajar untuk mengajar) yang tiada henti. Mempraktikan belajar, berkarya, dan berbagi ilmu merawat etika dan akhlak generasi EMAS ada di pundak kita semua. Tentu hal ini akan menjadi motiviasi bagi seluruh guru,” pungkasnya.(Disdik/Admin/Prolap).