Sebanyak puluhan ribu blanko ijazah pelajar jenjang SMP peserta Ujian Nasional (UN), akan mulai didistribusikan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor besok (hari ini).

 

Kepala Seksi Penilaian dan Kurikulum SMP Disdik Kabupaten Bogor, Yanto Ngugianta menjelaskan, tercatat blanko ijazah yang akan didistribusikan sebanyak 69.024 lembar.

 

“Total tersebut berbagi menjadi dua jenis ijazah yakni, untuk lembar KTSP (Kurikulum 2006) sebanyak 35.663 lembar, dan Kurikulum 2013 sekitar 33.361 buah,” jelasnya, Senin (8/7).

 

Lanjutnya, proses pengambilan akan dilakukan pada pekan ini. Dimana pemberkasan akan dilakukan langsung para kepala sekolah masing-masing.

 

“Nantinya akan disertakan berita acara, dan serah terima kepada masing-masing sekolah. Dimana tidak ada blanko cadangan yang disiapkan pemerintah,” ungkap Yanto.

 

Ditegaskan Yanto, pihaknya mengimbau kepada seluruh sekolah, agar melakukan pengisian biodata peserta didik dengan benar serta akurat.

 

“Pengisian data akan mengacu kepada biodata anak di akta, serta diakurasikan dengan Dapodik. Namun, jika terdapat kesalahan nanti, sekolah harus membuat surat keterangan. Karena tidak ada penggantian lembar yang baru,” tuturnya.

 

Sementara, Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdik Kabupaten Bogor, Hidayat mengatakan, pihaknya tidak akan mentolelir bilamana terdapat sekolah yang melakukan penahanan ijazah peserta didik.

 

Diakuinya, pihak Disdik juga akan membagikan juknis serta sosialisasi penulisan ijazah kepada sekolah pekan ini.

 

“Ijazah merupakan berkas hak peserta didik, tidak ada kaitannya dengan administrasi. Bilamana terdapat tunggakan, atau hutang, sekolah diminta bijak melakukan komunikasi langsung kepada orangtua, bukan melalui si anak,” tegas Hidayat.(Disdikporlap)