Bertempat di salah satu hotel di bilangan Jalan Raya, Puncak, Kecamatan Cisarua. Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, menyelenggarakan kegiatan pelatihan penerapan bahasa lokal (bahasa ibu), pada satuan jenjang Paud, Kamis (21/11).

 

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian PNF Disdik Kabupaten Bogor, Ate Ahmad menjelaskan, kegiatan pelatihan dilakukan selama tiga hari yang dimulai pada tanggal, 20-22 November.

 

“Tujuan dilakukannya kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi komunikasi, bagi para tenaga pendidik jenjang Paud. Dalam penyampaian materi pengembangan kepada peserta didik, dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti,” jelasnya.

 

Dikatakannya, peserta terdiri dari 160 peserta dan pelatihan akan dilakukan selama dua tahap pekan depan.

 

“Terdapat delapan materi yang akan dipaparkan kepada peserta yakni, perlunya bahasa ibu untuk peserta didik Paud, kebijakan Direktorat Paud, Tatakrama Sunda, kalulinan barudak, kurikulum bahasa sunda di Paud, pembelajaran bahasa sunda di jenjang Paud, dan pembelajaran seni Paud,” papar Ate.

 

Kepala Bidang Pembinaan PNF Disdik Kabupaten Bogor, Elfi Nilahartani menuturkan, demi memaksimalkan paparan materi kepada para peserta. Narasumber melibatkan akademisi, dan Direktorat Paud.

 

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Entis Sutisna menambahkan, dalam hal ini penggunaan bahasa ibu pada jenjang Paud, akan merujuk kepada Bahasa Sunda daerah.

 

Menurutnya, penggunaan Bahasa Sunda akan sangat baik bila dikenalkan kepada murid sejak dini mungkin. Guna meningkatkan penguasaan serta, pelestarian budaya tradisional daerah.

 

“Hal tersebut sejalan dengan program Bupati yakni, Rebo Basa Sunda yang sedang digaungkan. Dengan begitu kedepannya, penguasaan Bahasa Sunda di pelajar Kabupaten Bogor akan semakin meningkat, sebagai pelestarian budaya daerah,” harap Entis.(Disdikprolap).