MEGAMENDUNG – Guna mewujudkan Pancakarsa Bogor Cerdas pada bidang literasi, Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor mengadakan workshop gerakan pembudayaan literasi jenjang Sekolah Dasar (SD) yang bertempat di Hotel Garbera, Jalan Raya Puncak, Kecamatan Megamendung.
Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SD Disdik Kabupaten Bogor, Ngudiyanta menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemahaman guru dalam teknis literasi.
“Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari yang dimulai ada tanggal 29 September – 01 Oktober, dengan melibatkan 40 peserta yang merupakan guru jenjang SD dari perwakilan 40 kecamatan,” jelasnya.
Kepala Bidang Pembinaan SD Disdik Kabupaten Bogor, Nurjanah mengatakan, materi pembinaa meliputi pemahaman tentang literasi, melakukan penilaian, dan pengembangan budi perkerti.
“Dalam pemaparan materi melibatkan narasumber dari akademisi, pengawas, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor,” paparnya.
Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Entis Sutisna berharap, melalui kegiatan ini para guru mampu meningkatkan kualitas literasi baik bagi diri sendiri, dan di lembaga kepada murid.
“Iqro yang berarti bacalah, merupakan wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhamad s.a.w. Literasi sendiri bisa berkembang mulai dari membaca, menulis, hingga nantinya diharapkan mampu menjadi pengembangan karakter bagi para murid di sekolah,” harapnya.(admin/Prolap/Disdik).