Guna meningkatkan minat serta bakat, pengembangan baca pelajar daerah. Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, mengadakan kegiatan workshop pembudayaan gerakan literasi sekolah jenjang SMP di salah satu Hotel, Jalan Raya Puncak, Kecamatan Megamendung, kemarin (30/10).
Kepala Seksi Pembinaan Karakter SMP Disdik Kabupaten Bogor, Ety Nurhayati menjelaskan, kegiatan pelatihan ini melibatkan 100 orang guru SMP swasta perwakilan dari berbagai kecamatan, dan di laksanakan selama tiga hari.
"Kegiatan dimulai pada tanggal, 30 Oktober - 1 November. Dengan tujuan meningkatkan wawasan para guru, dalam membina penguatan penerapan program literasi di sekolah," jelasnya.
Dipaparkan Ety, terdapat enam materi pokok yang akan dijabarkan kepada peserta. Untuk narasumber melibatkan, Dinas Pendidikan, dan unusr akademisi perguruan tinggi.
"Paparan materi meliputi, literasi informasi untuk peningkatan kompetensi informaso dalam proses pembelajaran, prakter literasi era digital, layanan perpustakaan mendukung gerakan literasi, peningkatan literasi digital dalam mendukung kinerja guru, menulis praktik cerdas bagi murid, dan rencana tindak lanjut kelas," paparnya.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Entis Sutisna menuturkan, program literasi merupakan pembinaan pokok yang harus ada di sekolah.
Menurutnya, dengan adanya teknologi yang saat ini tersedia, sangat bisa dipakai untuk mengembangkan potensi murid guna mendorong murid, menghadilkan output dari literasi.
"Saat ini era pendidikan sudah memasuki masa 4.0, dimana diarahkan kepada pengembangan berbasis akademik teknologi informatif dan inovasi. Maka dari itu diharapkan melalui kegiatan ini, para guru bisa menumbuhkan daya tarik bagi siswa terhadap literasi itu sendiri," harap Entis.(Disdikporlap)