MEGAMENDUNG – Bertempat di Hotel Pesona Anggraini, Jalan Raya Puncak, Kecamatan Megamendung, Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan pembinaan teknis kepramukaan jenjang SMP.
Kepala Seksi GTK SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Didin Syarifudin menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pembina pramuka di sekolah.
“Mulai dari pemahaman kebijakan perlembagaan kurikulum, penguatan pendidikan karakter, prinsip dasar kepramukaan, mengalasia kompetensi, materi pembelajaran dan penilaian meliputi SKU, SKK hingga modul blok aktualisasi hingga relugulasi,” jelasnya.
Lanjut Didin, kegiatan dilaksankaan dalam dua tahap yakni, gelombang pertama dilakukan pada Tanggal 04-06 Agustus, dan dilanjut pada 10-12 Agustus.
“Untuk tahap I melibatkan peserta sebanyak 47 orang, dan di gelombang II sebanyak 48 orang. Dimana kapasitas hotel sebanyak 100 orang yang mana hal ini sesuai dengan protokol kesehatan,” ungkapnya.
Kepala Bidang Pembinaan GTK Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Ucu Sunarya menuturkan, untuk memaksimalkan paparan materi pihaknya melibatkan tiga narasumber penggerak pramuka.
“Kami melibatkan tiga narasumber yakni, Solihat, S.Pd, MM, Saepullah, S.Pd,MM, dan Edi Mulyadi, S.Pd,MM,” paparnya.
Sambung Ucu, dengan adanya kegiatan ini pihaknya berharap pengembangan dan penerapan pramuka di sekolah jenjang SMP semakin meningkat.
“Pramuka merupakan salah satu kegiatan wajib di sekolah untuk pengembangan softskill peserta didik. Namun, dengan adanya pelatihan ini kami mengharapkan terciptanya penggerak sekaligus pembina pramuka yang berkompetensi tinggi,” harapnya.(Admin/Prolap/Disdik)