CIBINONG – Mengemban visi misi memajukan kualitas serta meningkatkan angka Rerata Lama Sekolah (RLS) daerah. Komunitas Kabupaten Bogor Mengajar (KBM) menyambangi kantor Dinas Pendidikan (Disdik), guna melancarkan program relawan tenaga pendidik dan kependidikan bagi anak jalanan.

 Ketua Komunitas Kabupaten Bogor Mengajar, Dicky Farhan Febrian mengemukakan, kunjungan ini dilakukan untuk mensosialisasikan, program serta menjalin kerjasama sebagai mitra pemerintah daerah untuk pelayanan pendidikan masyarakat.

 “Kami memiliki dua program utama yakni, Abdik (Abdi Ngadidik) dan Pokja mengajar khusus untuk jenjang pendidikan kesetaraan paket A, B hingga C,” jelasnya.

 Dipaparkannya, untuk program Abdik pihaknya telah menyiapkan relawan mengajar yang mayoritas merupakan mahasiswa lintas falkutas asal Kabupaten Bogor.

 “Melalui program tersebut, para relawan akan kami sebar ke seluruh PKBM terutama di pelosok yang kekurangan tenaga pengajar. Namun, lebih mengutamakan perekrutan pesreta didik putus sekolah, dan anak jalanan untuk mengikuti kegiatan pendidikan kesetaraan ke PKBM yang sudah terdaftar di pemerintah,” papar Dicky.

 Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Luthfie Syam mengatakan, pihaknya menyambut antusias program dari komunitas KBM.

 Menurutnya, program tersebut sebagai bentuk penerapan sistem Pemerintah 3.0 yang mana, melibatkan dan merangkul elemen masyarakat atau oraganisasi sebagai mitra pelaksana program pembangunan negara secara efektif, efisien, dan transparan.

 “Sebagai tindak lanjut dari ajuan dan dialog yang dilakukan hari ini. Pihak Disdik berencana melakukan kerjasama, dalam bidang pengembangan relawan GTK tutor PKBM, dan penjaringan anak putus sekolah di jenjang kesetaraan,” pungkas Luthfie. (DisdikPorlap).