DRAMAGA – Bertempat di Gedung Andi Hakim Nasution, komplek  Institut Pertanian Bogor. IPB menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan event Asia Speaks Chapter Indonesia, Kamis (28/2).

 Ketua Pengarah Asia Speaks, Mohd Maliki mengemukakan, event ini merupakan agenda rutin tingkat internasional khususnya regional Asia. Dalam menggali potensi akademik para pelajar.

 “Kali ini event Asia Speaks Chapter Indonesia, mengusung konsep kompotisi pembuatan essay bertajuk  food security, dan youth empowerment across,” jelasnya.

 Dikatakannya, peserta terdiri dari 900 pelajar dari 48 negara di Asia. Dimana tahun ini menjadi kali pertama Indonesia sebagai tuan rumah.

 “Sistem kompotisinya akan menggunakan penjaringan poin terbaik. Peserta akan disisihkan sebanyak tiga sesi, dimana satu sesi diikuti 300 orang. Selanjutnya, akan dipilih 38 anak, dan diseleksi menjadi 15 essay terbaik. Tahap finalnya akan terpilih tiga juara terbaik,” paparnya.

 Sementara, Wakil Rektor IPB bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Dodik Ridho Nurrochmat mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan ini, terlebih tema yang diusung menyangkut sektoral pertanian.

 “Secara tidak langsung event ini menggali inovasi, dan pengembangan ide-ide atau gagasan dari para generasi muda. Untuk meningkatkan kualitas sektor pangan dan pertanian. Dimana hal tersebut sejalan dengan program IPB,” tuturnya.

 Sambungnya, dirinya berharap para generasi muda, khususnya remaja Indonesia mulai melirik dan mengembangkan sektor pertanian. Sebagai model atau industri di masa depan.

 “Memang minat serta giat pertanian yang dilakukan generasi muda saat ini masih dikatakan rendah. Namun, hal tersebut bisa kita tingkatkan, melalui program seperti ini. Mengedepankan kultur akademik, tapi dibalut dengan nuansa milenial dan moderenisasi,” harap Dodik.(Disdikporlap)