CIBINONG - Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Bogor gelar Workshop Peningkatan Profesional dan Kompetensi Guru TK di Gedung Tegar Beriman, Komplek Pemkab Bogor, Cibinong, Senin (4/2).

Kegiatan yang diikuti ratusan tenaga pengajar TK, menghadirkan Pemotivasi Pendidik PAUD, Sinung Widodo dan Team Kiddy Gami. 

Keduanya memberikan materi sesuai tema yang diangkat yakni 

"Melalui Kegiatan Gerak dan Lagu, Gerak Badan Persiapan Masuk Kelas serta Seni Melipat Origami".

Ketua IGTKI Kabupaten Bogor, Riyatmi menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan menekankan konsep penerapan, program gerak anak sebelum masuk ruang kelas, serta seni melipat origami.

 “Tema ini dipilih sebagai pola pendidik anak sebelum memasuki paparan kegiatan dalam kelas. Sedangkan untuk seni origami diperuntukan melatih imajinasi, serta motorik peserta didik,” jelasnya kepada PAKAR.

 Dia melaporkan, kegiatan workshop diikuti sebanyak 550 peserta, dari 19 cabang yang tersebar di 40 kecamatan di Kabupaten Bogor.

Riyatmi menyatakan akan terus melaksanakan kegiatan serupa, untuk meningkatkan kualitas pengajaran guru di satuan jenjang TK.

 “Tentu dengan perkembangan pola pendidikan, kita tidak bisa berpatokan kepada metode tatap muka calistung. Terlebih, model pengajaran seperti itu dilarang diterapkan di satuan PAUD dan TK. Maka dari itu melalui program seperti ini, kualitas GTK terus dikembangkan sesuai standar hingga kebutuhan,” katanya.

 Kepala Dinas Pendidikan  Kabupaten Bogor, Luthfie Syam mengapresiasi program yang dijalankan IGTKI.

 Menurutnya, pola pendidikan calistung bagi anak di jenjang PAUD atau TK sangat tidak cocok. Dimana pihaknya mengembangkan model pengajaran berbasis bermain sambul belajar interaktif.

 “Melalui program pelatihan ini, Disdik berharap para tenaga pendidik bisa memiliki kompetensi mengajar yang berkualitas. Dengan tujuan menanamkan karakter 4C (Communication, collaborative, critical thinking, creativity) pada peserta didik,” ucap Luthfie.(DisdikPorlap).