MEGAMENDUNG – Bertempat di salah satu Hotel di Jalan Raya Puncak, Kecamatan Megamendung, Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatam Bimtek Pembinaan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) jenjang SMP, (21/03).

Kepala Seksi PDPK SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Dodoy Hudaya menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman lebih lanjut kepada Pembina kesehatan sekolah mengenai layanan UKS.

“Kegiatannya dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 21-22 Maret 2022, dengan melibatkan 80 peserta Pembina UKS SMP Negeri di Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Lanjutnya, adapun materi yang dipaparkan meliputi, pengembangan kompetensi tenaga pengelola UKS, sistem penanganan kesehatan, hingga pemahaman pelayanan bagi peserta didik.

“UKS itu sendiri tidak bertumpu pada penanganan kondisi medis di sekolah, lebih dari itu melalui program unit kesehatan sekolah ini kami ingin mengarahkan satuan pendidikan menerapkan Pola Hidup Sehat dan Bersih (PHBS),” ungkap Dodoy.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Hartono Anwar mengatakan, pihaknya akan memfokuskan peningkatan layanan UKS di sekolah, salah satunya melalui pembangan sarana dan prasarana pendukung.

“Minimal satu sekolah memiliki satu ruang UKS sendiri, dan dilengkapi dengan peralatan penanganan medis ringan. Untuk pembinaan di wilayah, kami akan berkoordinasi dengan pengawas serta Puskesman dari masing-masing desa sebagai Pembina layanan unit kesehatan sekolah-sekolah,” pungkasnya.(Admin/Prolap/Disdik)