Berita Terkini
(021) 1234 5678
disdik@bogorkab.go.id
Jalan Nyaman No. 1 Kel. Tengah Kec. Cibinong

TINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN INKLUSIF, DISDIK GELAR WORKSHOP PENGUATAN KOMPETENSI GURU BIMBINGAN KONSELING SMP

TINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN INKLUSIF, DISDIK GELAR WORKSHOP PENGUATAN KOMPETENSI GURU BIMBINGAN KONSELING SMP

CISARUA – Guna meningkatkan kualitas layanan kepada peserta didik berkebutuhan khusus, Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan workshop inklusif jenjang SMP di salah satu hotel dibilangan Jalan Raya Puncak, Kecamatan Cisarua, (7/6).

 Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdik Kabupaten Bogor, Hendarsah menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan konsep pendidikan inklusif bagi konseling di satuan pendidikan.

 “Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari yakni, tanggal 5-7 Juni 2023 dengan melibatkan 91 guru bimbingan konseling (BK) di jenjang SMP,” jelasnya.

 Diapaparkannya, tujuan utama dari kegiatan ini yakni memberikan pemahaman kepada tenaga pendidik tentang identifikasi asesmen, penempatan, modifikasi kurikulum dan program pembelajaran individu.

 “Nantinya para peserta akan melakukan praktik di satuan pendidikan masing-masing dalam bentuk Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL),” ungkapnya.

 Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah mengatakan, pihaknya sangat mendukung program penerapan inklusif di satuan pendidikan.

 Menurutnya, layanan pendidikan inklusif sangat dibutuhkan untuk memfasilitasi peserta didik yang memiliki keterbatasan. Dikarenakan layanan edukasi masyarakat harus bersifat universal, merata dan efektif.

 “Kita akan terus kembangkan penerapan program inklusif, dimana saat ini terdapat 42 TK/Paud, 238 SD, dan 65 SMP yang telah menyelenggarakan, jumlah tersebut akan bertambah seiring penerapannya,” pungkas Juanda.(Admin/Prolap/Disdik)