Berita Terkini
(021) 1234 5678
disdik@bogorkab.go.id
Jalan Nyaman No. 1 Kel. Tengah Kec. Cibinong

TINGKATKAN AKURASI DATA DAPODIK, DISDIK GELAR BIMTEK VERIFIKASI JENJANG SMP NEGERI TINGKAT KABUPATEN BOGOR

TINGKATKAN AKURASI DATA DAPODIK, DISDIK GELAR BIMTEK VERIFIKASI JENJANG SMP NEGERI TINGKAT KABUPATEN BOGOR
CISARUA – Guna meningkatkan akurasi pendataan pemetaan fisik sekolah pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para kepala sekolah jenjang SMP, (12/6).
Sub Koordinator Program dan Pelaporan, Opik Taopikurohman menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan akurasi penilaian tingkat kerusakan ruang kelas yang diinput pada sekolah melalui sistem Dapodik.
“Peserta melibatkan sebanyak 88 kepala SMP Negeri se-Kabupaten Bogor, dan dilaksanakan selama tiga hari mulai dari tanggal 12-14 Juni,” jelasnya.
Dipaparkannya, hal ini dilakukan lantaran masih ditemukan adanya suspect data pemetaan kerusakan ruang kelas pada Dapodik yang belum akurat.
“Kami memberikan materi tentang volume, nilai kerusakan, dan identifikasi presentase kerusakan. Sehingga kepala sekolah dapat menilai dan mencantumkan tingkat kerusakan ruang kelas secara tepat,” ungkap Opik.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah mengatakan, pihaknya mengimbau kepada sekolah agar sekolah dapat mengisi data dapodik semaksimal dan selengkap mungkin.
“Dapodik merupakan backbonde data profil sekolah, sudah seharusnya dalam pengisiannya harus jelas. Dikarenakan tidak menutup kemungkinan ada beberapa kebijakan dari pemerintah pusat yang mengacu kepada sistem tersebut, sehingga kedepannya langkah-langkah penanganan kelembagaan lebih efektif dan efisien,” pungkasnya.(Admin/Prolap/Disdik)