Berita Terkini
(021) 1234 5678
disdik@bogorkab.go.id
Jalan Nyaman No. 1 Kel. Tengah Kec. Cibinong

TIGA PKBM WAKILI KABUPATEN BOGOR DI LOMBA APRESIASI KETELADANAN DIKMAS BERPRESTASI TINGKAT JABAR

TIGA PKBM WAKILI KABUPATEN BOGOR DI LOMBA APRESIASI KETELADANAN DIKMAS BERPRESTASI TINGKAT JABAR

CIBINONG - Sebanyak tiga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kabupaten Bogor, mengikuti kegiatan lomba apresiasi keteladanan Dikmas berprestasi tingkat provinsi tahun 2018.

 

Ketiga lembaga PKBM tersebut meliputi, PKBM Mashaghi, PKBM Bina Terampil, dan PKBM  Arrahman. Dengan tiga katagori yakni, pengelolaan pendidikan kesetaraan, pengelolaan pendidikan keaksaraan, serta pengelolaan Lembaga.

 

"Untuk tahun ini kami mewakili Kabupaten Bogor untuk katagori pengelolaan pendidikan kesetaraan," tutur Ketua PKBM Mashaghi, Jalaludin kepada PAKAR akhir pekan lalu.

 

Dipaparkan Jalaludin, untuk di lembaganya proses penilaian meliputi penyelenggaraan program kesetaraan paket C.

 

Rincinya, terdapat empat point penilaian yakni, keberadaan Tutor,.Administrasi Kelas, seperti Absen Tutor, dan siswa, Administrasi Pembelajaran, Seperti RPP, Silabus, Modul, Kurikulum hingga Administrasi Pengelolaan, Seperti Penataan Kelas, Penataan Ruang Kantor, Penataan Lingkungan dan Keadministrasian Lembaga.

 

"Dengan kelengkapan dan kualitas pengelolaan lembaga yang baik. Tahun ini kami yakin, bisa membawa pulang gelar juara di tingkat provinsi," ungkap Jalaludin.

 

Sementara, Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian PNF Disdik Kabupaten Bogor, Elfi Nilahartani memaparkan, program ini diselenggarakan setiap tahun, dengan empat pointer tujuan pelaksanan.

 

"Mensosialisasi program PKBM ke berbagai pihak, Pemerintah Daerah, intansi terkait dan Masyarakat. Meningkatkan dan mendorong peran serta penyelenggara program pendidikan masyarakat yang ada dan dapat mensukseskan seluruh Program di PKBM. Sebagai tolak ukur keberhasilan  pelaksanaan seluruh program pendidikan masyarakat yang ada di daerah dan sebagai evaluasi untuk program berikutnya. Hingga sebagai  bentuk Penghargaan suatu lembaga PKBM yang menyelenggarakan pendidikan masyarakat," paparnya.

 

Sambung Elfi, pihaknya berharap tahun ini Kabupaten Bogor, bisa membawa pulang gelar juara.

 

"Pengelolaan lembaga kita sudah baik, minimal dua katagori penilaian bisa diraih tahun ini," harapnya.(DisdikPorlap).