Berita Terkini
(021) 1234 5678
disdik@bogorkab.go.id
Jalan Nyaman No. 1 Kel. Tengah Kec. Cibinong

SMPN 1 TANJUNGSARI GELAR FESTIVAL BULAN BAHASA IV

SMPN 1 TANJUNGSARI GELAR FESTIVAL BULAN BAHASA IV
Membangun Tradisi Literasi di Masa Pandemi

 
Selasa (17/11) sekitar pukul 10.00 WIB, para guru SMP Negeri 1 Tanjungsari melakukan penyerahan hadiah dan piagam penghargaan kepada beberapa siswa terbaiknya yang telah berhasil mengikuti Festival Bulan Bahasa IV SMPN 1 Tanjungsari tahun 2020. Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Pengawas Pembina wilayah Cariu-Tanjungsari, Bpk. H.Humaidi Ansori, M.Pd, dan beliau pun berkesempatan untuk memberikan sambutan serta penyerahan hadiah kepada beberapa siswa.
 
Festival Bulan Bahasa SMPN 1 Tanjungsari ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, yang jatuh tepat pada tanggal 28 Oktober.

Selain itu, Festival Bulan Bahasa SMPN 1 Tanjungsari ini menjadi salah satu wadah untuk mengembangkan, menguji kemampuan, dan penyaluran kreativitas serta bakat para siswa dalam berliterasi. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kemampuan dan minat para siswa dalam berliterasi lebih baik dan berkembang. 

Akan tetapi, pelaksanaan Festival Bulan Bahasa SMPN 1 Tanjungsari pada tahun ini tidak seperti biasanya karena situasi wilayah yang masih dalam pengaruh Pandemi virus Covid-19. Pelaksanaan kegiatan pun sebagian besar dilaksanakan secara daring (dalam jaringan). Mulai dari sosialisasi, pendaftaran, pengiriman hasil karya, sampai pengumuman para pemenang.

Festival Bulan Bahasa ini mengadakan beberapa jenis lomba, yaitu Lomba Cipta Puisi, Cipta Pantun, Cipta Cerpen, membuat poster, kaligrafi, dan ?Vlog? kelompok baru diadakan pada tahun ini. Para siswa pun menyambut kegiatan tersebut dengan penuh antusias. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya siswa yang mendaftar untuk mengikuti berbagai jenis lomba yang mencapai 116 siswa.

Festival Bulan Bahasa IV SMPN 1 Tanjungsari tahun 2020 ini diawali dengan pendaftaran peserta yang dilaksanakan pada 8-14 Oktober. Sementara tanggal 15-31 Oktober 2020, para peserta mulai mengirimkan karyanya secara daring dan secara luring bagi peserta yang mengalami kesulitan karena berbagai faktor. Kemudian karya yang masuk tersebut dinilai oleh para juri yang terdiri dari beberapa guru SMPN 1 Tanjungsari dari tanggal 2-6 November 2020, selanjutnya pengumuman pemenang dilakukan secara Live Streaming pada 11 November 2020. 

Rangkaian kegiatan tersebut didukung penuh oleh Kepala SMPN 1 Tanjungsari, Lilis Suryayulpiana, S.Pd, sebagai apresiasi dan motivasi kepada para siswa untuk terus berkarya dan berprestasi dalam berliterasi, walaupun dalam masa pandemi. Hal ini pun membuktikan bahwa masa pandemi tidak bisa menjadi halangan atau alasan untuk para siswa serta pendidik dalam berkarya dan berkreasi. Ketua Panitia Festival Bulan Bahasa 2020, Purwati, S.Pd memaparkan bahwa kegiatan ini diharapkan bisa menjadi tradisi di sekolah, dan menjadi motivasi agar terus menyebarkan ?Virus Literasi? bukan hanya di lingkungan sekolah tetapi juga di lingkungan keluarga dan masyarakat pada umumnya.

?Saya sangat berharap berbagai  karya yang dihasilkan dari kegiatan ini dapat didokumentasikan kedalam kumpulan karya sebagai bukti hasil prestasi dari siswa ataupun  guru, baik itu dalam bentuk cetak atau non-cetak?, ungkap PKS Kesiswaan SMPN 1 Tanjungsari, Yedi Widyasetiana, S.Pd., menambahkan.(Admin/Prolap/Disdik)