Berita Terkini
(021) 1234 5678
disdik@bogorkab.go.id
Jalan Nyaman No. 1 Kel. Tengah Kec. Cibinong

PENGAWAS KEMBANGKAN HOTS DI TINGKAT SEKOLAH

PENGAWAS KEMBANGKAN HOTS DI TINGKAT SEKOLAH

CIBINONG – Guna meningkatkan kualitas pembelajaran di satuan pendidikan. Pengawas kelembagaan daerah jenjang SMP, mulai menggalakan program sosialisasi dan pelatihan pembuatan soal berbasis High Order Thinking Skill (HOTS).

 Koordinator Pengawas Kabupaten Bogor, Itang Cintaka menjelaskan, pelaksanaan program tersebut dilakukan, untuk menguatkan komptensi tenaga pendidik dalam pengimpelentasian HOTS dalam pembelajaran.

 “Akhir pekan kemarin, pelatihan untuk wilayah Kecamatan Cibinong, dilakukan di SMP AL Azhar Syifabudi,” tuturnya.

 Dikatakannya, kegiatan diikuti sebanyak 25 guru dair semua mata pelajaran, dengan durasi pelatihan selama empat jam tatap muka.

 “Pemfokusan pembahasan materi lebih diutamakan kepada, penjelasan apa itu HOTS dan pembuatan soal oleh guru,” ungkap Itang.

 Diakui Itang, hingga saat ini pengimpelentasian HOTS di satuan pendidikan, masih terkendala kurangnya pemahanan para guru tentang sistem pembelajarnya.

 “Dalam tupoksi pengawas yang diantaranya, mengawasi, membina, dan mengembangkan. Maka dari itu melalui program ini kami menargetkan, pada tahun ajaran baru, seluruh SMP di Kabupaten Bogor sudah menggunakan HOTS sebagai metide pembelajarannya,” katanya.

 Sementara, Kepala Bidang Pembinaan GTK Disdik Kabupaten Bogor, Asep A.Sudrajat mengatakan, terdapat tiga sub materi dalam setiap pelatihan HOTS di sekolah.

 Rincinya, perencanaan pembelajaran, pengembangan kompetensi, dan strategi mengajar.

 Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Luthfie Syam berharap, dengan adanya pelatihan ini, para guru bisa mengarahkan pembelajaran dan pengembangan karakter anak berbasis 4C.

 “HOTS menciptakan pola Critical Thinking, Collaboration, Communication, dan Creativity. Dimana hal tersebut sejalan dengan pola pendidikan 4.0 yang mulai digaungkan saat ini,” pungkasnya.(DisdikPorlap)