Berita Terkini
(021) 1234 5678
disdik@bogorkab.go.id
Jalan Nyaman No. 1 Kel. Tengah Kec. Cibinong

PARUNG TERAPAKAN PROGRAM SPMI

PARUNG TERAPAKAN PROGRAM SPMI

PARUNG – Bertempat di Gedung Aula PGRI Kecamatan Parung, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Barat. Kembali menggalakan program penampingan sekolah model di wilayah, salah satunya Kecamatan Parung, Senin (13/5).

 

Ketua Koordinator Pendidikan Kecamatan Parung, Siti Latifah menjelaskan, tahun ini untuk di wilayahnya terdapat dua sekolah yang menjadi model lembaga terapan.

 

“Kedua sekolah tersebut yakni, SDN Mekarwangi dan SMPN 1 Parung,” jelasnya.

 

Dikatakannya, program Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Internal (SPMI), bertujuan untuk pembinaan sekolah imbas serta acuan bagi lembaga di wilayah terhadap pengaplikasian delapan standar pendidikan.

 

“Satu sekolah model akan menjadi indukan dari lima lembaga imbas terdekat.  Dengan harapan adanya peningkatan kualitas output, dan manajerial di sekolah-sekolah daerah,” papar Siti.

 

Sementara, Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SD Disdik Kabupaten Bogor, Wawan kuswandi mengatakan, program SPMI dari LPMP dilakuakan di semua kecamatan.

 

“Penerapan SPMI diterapkan di dua jenjang yakni, SD dan SMP. Dimana tiap wilayah dilakukan penjaringan sekolah yang ditunjuk sebagai model oleh Disdik, nantinya akan dibina oleh LPMP,” tuturnya.

 

Lanjutnya, delapan standar tersebut meliputi, standar isi, komptensi kelulusan, proses pendidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan pendidikan, penilaian, serta setandar tenaga pendidik dan kependidikan.

 

“Melalui program ini diharapkan nantinya sekolah binaan di wilayah, bisa memiliki mentor dan melakukan perbaikan terkait delapan standar pendidikan di lembaganya. Jangka panjangnya, seluruh sekolah di daerah akan memiliki standar yang sama sesuai acuan pemerintah,” tandas Wawan.(Disdikporlap)