Berita Terkini
(021) 1234 5678
disdik@bogorkab.go.id
Jalan Nyaman No. 1 Kel. Tengah Kec. Cibinong

JADIKAN MGMP SEBAGAI BENGKEL GURU SMP

JADIKAN MGMP SEBAGAI BENGKEL GURU SMP
Bertempat di salah satu hotel di Jalan Raya, Puncak, Kecamatan Megamendung. Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor mengumpulan ratusan pengelola dan pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) jenjang SMP, Selasa (2/7).
 
Kepala Seksi GTK SMP Disdik Kabupaten Bogor, Didin Syarifudin menjelaskan, selama tiga hari kedepan pihaknya akan menyelenggarakan Bimtek penguatan kompetensi bagi pengurus MGMP.
 
"Kegiatan akan dilakukan mulai dari tanggal 2-4 Juli, dengan melibatkan 174 orang ketua dan sekretaris MGMP dari 51 titik kelompok," jelasnya.
 
Dipaparkannya, terdapat 11 kelompok mata pelajaran yang terdiri dari, matematika, bahasa Indonesia, IPS, IPA, Bahasa Inggris, PJOK, SBK, informatika, PAI, Bahasa Sunda, dan PKN.
 
"Materi berfokuskan kepada manajerial program MGMP di wilayah. Dikarenakan mulai tahun ini, terdapat perubahan penilaian kinerja guru. Dimana proses kualitas pengajaran, dilihat dari hasil UN dan USBN murid," turur Didin.
 
Lanjut Didin, setiap guru wajib mengikuti MGMP di tiap wilayah sesuai matapelajaran. Dengan tujuan penguatan kompetensi yang berbasis kebutuhan kurikulum.
"Kebijakan tersebut berlaku bagi guru di SMP Negeri maupun swasta," katanya.
 
Sementara, Kelala Bidang Pembinaan GTK Disdik Kabupaten Bogor, Asep A.Sudrajat menuturkan, dalam pengimepelntasiannya nantinya pelaksanaan MGMP akan dilakukan secara terjadwal dan terorganisir.
 
"Kami telah melakukan penguatan kompetensi bagi pengawas, dimana mereka akan menjadi pembina di wilayah. Dimana para ketua dan struktural MGMP akan menjadi trainer di tiap wilayahnya," tuturnya.
 
Sambung Asep, pihaknya akan lakukan evaluasi pasca pelatihan MGMP. Dimana perbandingan analisa hasil dari ujian tahun 2019 dengan 2020.
"Jika tidak ada perubahan, maka akan ada evaluasi proses pembelajaran. Dengan tujuan pembaharuan, serta peningkatan kualitas pembelajaran anak," tandasnya.(Disdikporlap)