Berita Terkini
(021) 1234 5678
disdik@bogorkab.go.id
Jalan Nyaman No. 1 Kel. Tengah Kec. Cibinong

Disdik Lakukan Penguatan Kompetensi Ketua KKG SD

Disdik Lakukan Penguatan Kompetensi Ketua KKG SD
Guna mengaktifkan dan penguatan kompetensi tenaga pendidik di wilayah. Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, menyelenggarakan kegiatan Workshop pelatihan pengurus Kelompok Kerja Guru (KKG), Selasa (22/10).
Kepala Seksi GTK SD Disdik Kabupaten Bogor, Susilawati menjelaskan, kegiatan pelatihan ini ditujukan bagi para tenaga pendidik yang menjadi, ketua setrta pemandu di unit KKG wilayah.
"Tujuan dari kegiatan ini yakni, menguatkan kompetensi para pengurus KGG. Dimana peserta terdiri dari 300 orang, dan dilakukan selama tiga yang dimulai pada tanggal, 21-23 Oktober," jelasnya.
Dipaparkan Susi, terdapat tujuh materi pokok yang dijabarkan kepada para peserta. Dimana narasumber merupakan para akademisi dari perguruan tinggi nasional.
"Ketujuh materi tersebut yakni, kebijakan Dinas Pendidikan, pengembangan program unggulan KKG jenjang SD, penguatan softskill, penjabaran tupoksi, teknis evaluasi, dan rencana tindak lanjut progam," paparnya.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Entis Sutisna menuturkan, pembentukan KKG di wilayah, ditujukan sebagai moda pengembangan pelatihan kompetensi guru.
"Hingga saat ini tercatat terdapat sekitar 250 unit KKG yang tersebar di 40 kecamatan. Dimana pembagiannya mulai dari lingkar gugus, hingga korwil sesuai dengan kebutuhan para tenaga pendidik," ungkapnya.
Diakui Entis, model pengembangan materi dalam KKG harus dikemas, dengan model pembelajaran yang sesuai dengan era revolusi pendidikan 4.0.
"Penguatan kompetensi tenaga pendidik terhadap penguasaan teknologi informasi komputer wajib dilakukan pengembangan. Dimana materinya ditekankan kepada empat dasar yakni, pedagogig, profesionalisme, kepribadian, dan sosial," harapnya.(Disdikprolap)