Berita Terkini
(021) 1234 5678
disdik@bogorkab.go.id
Jalan Nyaman No. 1 Kel. Tengah Kec. Cibinong

DISDIK JADIKAN KEPRAMUKAAN SEBAGAI SARANA PENGUAT KARAKTER SISWA

DISDIK JADIKAN KEPRAMUKAAN SEBAGAI SARANA PENGUAT KARAKTER SISWA
CARINGIN – Sebagai bentuk penguatan ilmu kepramukaan di sekolah. Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan pendidikan kepramukaan bagi para kepala dan pengawas jenjang SD, di salah satu hotel di bilangan Jalan Raya Caringin, (16/11).

Kepala Seksi GTK SD Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Susilawati menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari yang dimulai pada tanggal 16-18 November.
“Tujuan dari kegiatan ini untuk menunjang kegiatan belajar mengajar khususnya bagi bidang pembinaan kesiswaan melalui kepramukaan, serta meningkatkan penerapanya di sekolah,” jelasnya.

Dipaparkannya, kegiatan ini diikuti sebanyak 150 peserta yang terdiri dari Pengawas dan Kepala SD, dengan melibatkan narasumber dari Kwarcab Kabupaten Bogor.

“Adapun materi yang dipaparkan meliputi, Kebijakan Dinas Pendidikan Kab Bogor, Fundamental Gerakan Pramuka, Kurikulum 2013 (Permendikbud No. 63 tahun 2014), Simulasi Aktualisasi Permendikbud Golongan Penggalang, Pengelolaan Gugusdepan (Musyawarah Gugus depan, Penyusunan Program), SKU / SKK, Prinsip Dasar dan Methode Kepramukaan, Pengelolaan Gugusdepan (Sistem Administrasi Gudep, Struktur Gudep dan Akreditasi Gugusdepan), dan Seragam dan Tanda-tanda Pengenal dalam Gerakan Pramuka,” papar Susi.

Kepala Bidang Pembinaan GTK Disdik Kabupaten Bogor, Ucu Sunarya mengatakan, penerapan program kepramukaan di sekolah wajib dilaksanakan, dan dimaksimalkan sebagai sarana pengembangan karakter bagi para peserta didik.

“Dalam kepramukaan tidak hanya sebagai pengisi kegiatan non akademik kelas murid. Namun, lebih jauh program tersebut menjadi pelatihan dan pengembangan karakter bagi peserta didik, mulai dari kemandirian, kerjasama, komunikasi, hingga sosial. Maka dari itu guru, kepala sekolah, hingga pengawas satuan pendidikan juga harus mengetahui materi materi kepramukaan agar bisa diterapkan dengan maksimal di sekolah,” harapnya.(Admin/Prolap/Disdik)