Berita Terkini
(021) 1234 5678
disdik@bogorkab.go.id
Jalan Nyaman No. 1 Kel. Tengah Kec. Cibinong

DISDIK GELAR BIMTEK PENINGKATAN PELAYANAN PIP DI JENJANG SMP

DISDIK GELAR BIMTEK PENINGKATAN PELAYANAN PIP DI JENJANG SMP
MEGAMENDUNG – Guna meningkatkan kualitas layanan bagi peserta didik kurang mampu di daerah. Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor menyelenggarakan pendampingan Program Indonesia Pintar (PIP) di salah satu hotel Jalan Raya Puncak, Megamendung (11/11).
Kepala Seksi Peserta Didik SMP Disdik Kabupaten Bogor, Ety Nurhayati menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih detail mengenai proses pendistribusian PIP.
“Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari mulai dari tanggal 11-13 November, dengan melibatkan 60 peserta yang terdiri dari komisariat SMP, operator SD, dan PNF,” jelasnya.
Dipaparkannya, narasumber melibatkan Kemendikbud, Kemensos, Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Dinas Pendidikan Kota Bogor, dan rekanan perbangkan.
“Materi yang dipaparkan meliputi, sosialisasi kegiatan PIP dan Aplikasi Sipintar, percepatan pencairan dana PIP, penggunaan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), dan diskusi tentang permasalahan yang terjadi di wilayah,” papar Ety.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Entis Sutisna menuturkan, selain melalui program PIP, Pemerintah Daerah juga meningkatkan layanan bagi peserta didik kurang mampu dengan Pancakarsa Bogor Cerdas (Bodas).
“Melalui program Pancakarsa Bogor Cerdas yakni, memberikan bantuan seragam khas sekolah, dan buku modul berserta kartu Bodas,” ungkapnya.
Lebih rinci, pada 2020 sebanyak 108.000 siswa SD mendapatkan seragam khas sekolah, berserta Kartu Bodas, dan sebanyak 74.035 siswa mendapatkan buku modul latihan. 
“Program serupa juga diadakan pada jenjang SMP dengan total 21.846 siswa mendapatkan seragam khas sekolah, dan 80.851 siswa mendapatkan buku modul latihan. Kegiatan serupa juga telah kami rencakanan pada tahun anggaran 2021. Demi menunjang layanan pendidikan bagi siswa kurang mampu di daerah,” pungkas Entis. (Admin/Prolap/Disdik)