CIBINONG - Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan pimpin apel pagi di lingkungan Dinas Pendidikan, Kamis (17/1).

 Seperti yang dilakukannya setiap memimpin kegiatan serupa di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), wabup mengekspos Program Pancakarsa. 

 "Sebelumnya saya sudah menyerap aspirasi-aspirasi terkait permasalahan pada bidang pendidikan di Kabupaten Bogor, dari mulai tenaga pendidik, peserta didik, dan infrastruktur sekolah yang memang perlu mendapat perhatian khusus," ujar Iwan.

 Politisi Partai Gerindra ini mengatakan, program-program sudah disusun dan sudah mulai untuk dikerjakan. Ia pun berharap dapat berjalan lancar dan dapat dirasakan masyarakat.

 "Saya ingin program kerja yang disusun sinkron satu sama lain, makanya saya ingin melihat dan mendengar langsung apa saja program kerja Disdik Kabupaten Bogor," katanya.

 Menurut wabup, salah satu program yang perlu mendapat perhatian khusus yaitu pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

 "Saya sangat mendukung pengimpelentasian program UNBK SMP sederajat. Dalam hal ini, pemerintah daerah menggelontrokan bantuan perangkat pendukung UNBK ke SMP negeri," ucapnya.

 Kadisdik Kabupaten Bogor, Tb Luthfie Syam mengatakan, persiapan menghadapi UNBK SMP tahun 2019 terus dilakukan, bahkan saat ini sudah masuk tahap simulasi dan sosialisasi teknis pelaksanaan.

 Kaitan pengadaan perangkat pendukung UNBK seperti laptop dan server, pembelian dilaksanakan melalui e-katalog. Ditarget Maret mendatang sudah terdistribusi ke titik penerima.

 "Selain UNBK SMP, kami juga mempersiapkan UNPK berbasis komputer Paket B. Berdasar data, sebanyak 92.208 menjadi peserta UN SMP sederajat dan 4.573 warga belajar untuk peserta ujian Paket B," paparnya.

 Luthfie pun menerangkan jika pihaknya sudah melakukan konsolidasi dengan kepala sekolah, pengawas, dan unsur MKKS SMP untuk menyiapkan program kerja yang terdapat dalam APBD tahun 2019, terutama yang berkaitan dengan program kepala daerah masa jabat 2018-2023.

 "Bupati dan Wakil Bupati Bogor yang sekarang kan punya visi menjadikan kabupaten termaju, nyaman dan berkeadaban, ini harus dikonkritkan. Maka itu, kepala sekolah harus menyinkronkan dan mengacu visinya, tapi tentunya yang sesuai dengan aspek pendidikan," katanya.

 Mantan Kepala Satpol PP Kabupaten Bogor ini pun menyatakan bakal mengekspose seluruh program kerja Disdik Kabupaten Bogor tahun 2019 kepada Bupati dan Wakil Bupati.BAL

 IMG-20190117-WA0015IMG-20190117-WA0016IMG-20190117-WA0017IMG-20190117-WA0018IMG-20190117-WA0019