CIAWI - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Amaliah 1 dan 2 Ciawi, Kabupaten Bogor, menumbuhkan karakter peserta didik, khususnya pengurus OSIS, dengan mengadakan Latihan Dasar Kepempinan (LDK).

 Kepala SMK Amaliah 1 Ciawi, Gugun Gunadi menjelaskan, kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan, bertujuan untuk melakukan pembinaan karakter pengurus OSIS.

 “LDK diikuti  60 pengurus OSIS dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) kelas X-XII SMK Amaliah 1 dan 2 Ciawi,” jelasnya.

 Dikatakannya, pelatihan dilaksanakan selama tiga hari, dan terbagi menjadi dua rangkaian kegiatan.

 “Rangkaian pertama di mulai pada tanggal 1 Februari, dengan agenda pemberian materi di sekolah. Setelah itu, dilanjutkan kegiatan outbond pada tanggal 6-7,” papar Gugun.

 Kepala SMK Amaliah 2 Ciawi, Fenni Sartana mengemukakan, paparan materi yang disampaikan pada pelatihan tersebut meliputi karakter building 4C, berbasis ketahuidan.

 4C tersebut yakni, Critical Thinking, Collaboration, Communication, dan Creativity.

 Diharapkan Fenni, dengan adanya kegiatan ini, pengurus OSIS bisa menjadi panutan dan contoh bagi organisasi serta rekan-rekannya di sekolah.

 “Teori lainnya meliputi keorganisasian dan kepemimpinan wawasan kebangsaan. Sehingga dalam kepengurusan orgransiasi nantinya mereka bisa menjalankan dengan maskimal,” tukasnya.(DisdikPorlap).