CIBINONG – Guna meningkatkan perkembangan motorik dan penanaman karakter anak. TK Negeri Pembina Cibinong mengadakan kegiatan bercocok tanam di sekolahnya, Jumat (15/2).

 Kepala TK Negeri Pembina, Nawang Sekar Giri menjelaskan, kegiatan berkebun merupakan salah satu agenda rutin, dari pembelajaran luar kelas.

 “Dalam satu bulan setidaknya kami melakukan kegiatan ini tiga kali. Dimana bertujuan untuk mengembangkan dan memperkenalkan anak, kepada alam serta kegiatan edukasi bertani,” jelasnya.

 Lanjutnya, untuk lokasi kegiatan pihaknya telah menyediakan sepetak lahan di sekitar sekolah.

 “Program ini sudah diterapkan sejak lima tahun lalu. Dimana dari kegiatan ini, anak-anak sudah melakukan kegiatan bertani, dan memanen hasil bibitnya seperti umbi-umbian dan buah,” ungkap Nawang.

 Dikatakan Nawang, program ini juga mengarahkan para anak, untuk mengenal kegiatan bertani.

 ‘Negara kita sangat kaya akan potensi pertanian. Tidak menutup kemungkinan, melalui kegiatan ini juga, menumbuhkan rasa cinta mereka akan kecintaan alam dan melestarikannya,” katanya.

 Sementara, Kepala Bidang Pembinaan PNF Disdik Kabupaten Bogor, Amsohi berharap, pihaknya mendukung kegiatan bertani yang dilakukan. Dimana dirinya memperbolehkan, bilamana lembaga lainnya untuk menggalakan program serupa.

 “Mode pembelajaran ini sangat cocok diterapkan pada satuan jenjang Paud dan TK. Dimana pemberian materi dilakukan dengan cara bermain sambil belajar. Ditambah adanya edukasi pembinaan karakter, tentu kegiatan ini bisa dijadikan agenda rutin lembaga lainnya,” pungkasnya.(Disdikporlap)