RANCABUNGUR – Guna meningkatkan keimanan dan mengembangan karakter murid di bulan Ramadhan. Sekolah-sekolah dasar di Kabupaten Bogor, mulai menyelenggarakan kegiatan Pesantren Kilat (Sanlat) pekan ini.

 

Kepala SDN Pasirgaok 01, Rai Suherman menjelaskan, kegiatan Sanlat merupakan program rutin tahunan yang dilaksanakan sekolah, kala memasuki bulan Ramadhan.

 

“Pelaksanannya selama tiga hari yang dimulai pada tanggal 9-11 Mei. Di sekolah saya sendiri, Sanlat diikuti sebanyak 130 murid dari kelas I-VI,” jelasnya.

 

Lanjutnya, adapun beberapa kegiatan yang dilakukan dalam progam Sanlat diantaranya, pembacaan ayat suci, Salat Duha, dan mendengarkan tausiyah.

 

“Tausiyah disampaikan para guru agama, dengan materi kewajiban berpuasa hingga kisah-kisah nabi. Dengan harapan murid bisa mengetahui, dan menerapkan nilai-nilai keagamaannya,” tutur Rai.

 

Sementara, Kepala SDN Cantangjaya, Yuliawati mengatakan, kendati terdapat beberapa murid yang beragama non muslim. Pihaknya tetap melakukan kegiatan keagamaan sesuai dengan kepercayaan peserta didik.

 

“Pada dasarnya kegiatannya sama yakni, penguatan keimanan melalui paparan materi kegamaan. Namun, materinya disesuaikan dan disampaikan langsung oleh para gurunya masing-masing,” ungkapnya.

 

Terpisah, Kepala SDN Tuguselatan 01, Rosidin Susanto menambahkan, melalui program Sanlat, diharapkan mampu menambah nilai budi perkerti dan keimanan para murid.

 

“Mayoritas besar SD di Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan Sanlat.Di SDN Tuguselatan 01, diikuti kurang lebih 500 murid dari kelas I-VI,” cetusnya.(DisdikPorlap)