CIBINONG – Guna meningkat motivasi dalam pengembangan literasi di sekolah. SMPN 3 Cibinong mengadakan pemberian penghargaan literasi kepada para pelajar, dan guru-gurunya, Jumat (17/5).

 

Pembina Literasi SMPN 3 Cibinong, Rini Susilawati menjelaskan, pemberian penghargaan ini merupakan, salah satu program tahunan yang dilakukan sekolah dalam mengapresiasi keaktifan para murid serta guru dibidang literasi.

 

“Terdapat beberapa katagori juara yang diantaranya, Juara I-III review buku, kunjungan perpustakaan, dan keaktifan pengembangan pohon literasi antar kelas,” jelasnya.

 

Dipaparkannya, pengharagaan ini diberikan setiap penghujung tahun ajaran, dan setiap penilaiannya dilakukan secara seksama oleh para pembina literasi.

 

“Hal ini kami lakukan untuk meningkatkan minat baca hingga kunjungan siswa ke perpustakaan. Dimana dalam sub programnya, para murid akan membuat sinopsis atau rangkuman isi dari seluruh buku yang dibaca, lalu ditempelkan di pohon literasi. Dengan begitu mereka bisa mendapatkan poin,” papar Rini.

 

Sementara, Kepala SMPN 3 Cibinong, Taryana menuturkan, bagi murid yang mendapatkan poij terbanyak dalam penilaian keaktifan literasi. Akan dinobatkan menjadi duta literasi sekolah.

 

Diakuinya, gerakan literasi di sekolah wajib dilakukan, terutama dalam mendukung program pendidikan berawawasan karakter bagi murid. Terlebih, di sekolahnya didukung dengan ketersediaan fasilitas perpustakaan.

 

“Memang tidak ada spesifikasi khusus untuk buku yang dibaca anak. Namun, mayoritas apa yang dibaca mereka, mengandung unsur pemahaman nilai-nilai sosial dan akademik yang tinggi. Seminsalnya, buku sejarah para tokoh dunia, hingga novel-novel ringan,” ungkap Taryana.

 

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Luthfie Syam menabahkan, literasi merupakan salah satu komponen utama, mode pembelajaran terutama diera 4.0.

"Melalui literasi anak-anak diharapkan memiliki konsep kemampuan 4C. Namun, penerapan program di lembaga, disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan sekolah masin-masing," harapnya.(Disdikporlap)