SUKARAJA – Guna menambah wawasan dan mengedukasi murid, mengenal lebih jauh Sumber Daya Alam (SDA) daerah. SMPN 2 Sukaraja memboyong ratusasn siswanya, mengunjungi destinasi wisata alam Geoprak Pingkor, Kabupaten Bogor.

 

Wakasek Kesiswaan SMPN 2 Sukaraja, Hasan Basri menjelaskan, kegiatan ini dilakukan dalam acara study budaya yang merupakan agenda tahunan dari pihak sekolah.

 

“Kegiatannya diikuti sebanyak 345 murid kelas VII. Pelaksanaanya sendiri hanya dilakukan satu hari,” jelasnya.

 

Mengapa memilih Geopark Pongkor, lanjutnya, hal tersebut dimaksudkan agar para murid, lebih mengenal kekayaan SDA dan potensi budaya dari Kabupaten Bogor.

 

“Mungkin jika study budaya ke luar daerah sudah banyak yang melakukan. Namun, kami ingin murid lebih mengenal apa saja yang ada di daerahnya,” ungkap Hasan.

 

Kepala SMPN 2 Sukaraja, Dedi Budi Sumardi mengatakan, untuk kedepannya tidak menutup kemungkinan, pihaknya akan melakukan agenda serupa. Namun, dengan tujuan destinasi yang berbeda.

 

“Secara kekayaan alam dan destinasi wisata edukatif, Kabupaten Bogor hampir memiliki semuanya. Selain untuk mengedukasi murid, program ini bisa mendukung pengembangan daya tarik pesona daerah ke publik,” katanya.

 

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Luthfie Syam menuturkan, pihaknya mendukung dan mengapresiasi, program study budaya ke lokasi destinasi daerah yang dilakukan SMPN 2 Sukaraja.

 

Diakuinya, pihaknya sering kali mengimbau sekolah, agar tidak berlebihan untuk menentukan destinasi study wisata hingga keluar kota dengan pertimbangan faktor kemanan serta efetifitas bagi murid.

 

“Selain mengedukasi murid, kegiatan tersebut bisa menjadi pendukung penambahan pendapatan daerah dari sektor pariwisata. Ditambah dengan jarak tempuh yang relativ terjangkau, akan mengurangi resiko dalam perjalanan murid,” pungkasnya. (DisdikPorlap)