CIBINONG – Sebagai upaya peningkatan kualitas kesehatan sekolah. SDN Muaraberes yang beralamat di Jalan Raya Sukahati, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Menggalakan program Dokter Cilik (Docil) bagi para muridnya.

Pembina Dokcil SDN Muaraberes, Hera mengemukakan, program ini telah dilakukan semenjak beberapa tahun lalu.

“Tujuan utamanya menumbuhkan rasa, dan motivasi kepada siswa akan menjaga kesehatan diri dan lingkungan. Sehubungan dengan adanya Lomba Sekolah Sehat (LSS), maka dibentuklah unit Dokcil ini,” jelasnya, Kamis (28/2).

Lanjutnya, anggota Dokcil di sekolahnya melibatkan perwakilan murid dari lintas kelas.

“Pembinaan dan pengawasan kepada para anggota Dokcil dilakukan rutin setiap pekannya. Dimana kami juga sering berkerjasama dengan pihak Unit pelayanan kesehatan masyarakat setempat,” papar Hera.

Diakui Hera, tugas dari para Dokcil ini melakukan perawatan ringan, pengelolaan Unit Kesehatan Sekolah (UKS), hingga memberikan motivasi kepada rekan-rekannya terhadap kesadaran pola hidup sehat.

Sementara, Kepala SDN Muaraberes, Irianto mengatakan, dirinya sangat mendukung kegiatan ini, terlebih tahun ini skeolahnya terpilih menjadi perwakilan LSS Kecamatan Cibinong.

“Semoga dengan digalakannya program ini, akan meningkatkan kesadaran dan motivasi para murid untuk mengedepankan pola hidup sehat,” harapnya.(Disdikporlap)