CIAWI – Sebagai bentuk penguatan kualitas pengembangan moda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kecamatan Ciawi meluncurkan program Toy Library PKG wilayahnya.

 Penilik PNF Kecamatan Ciawi, Ida Farida menjelaskan, program ini merupakan tindak lanjut, dari bantuan Alat Permainan Edukatif (APE) dari UNICEF.

 “APE ini diberikan kepada PKG Paud di wilayah yang telah ditentukan UNICEF. Dimana nantinya peralatan bisa dipergunakan oleh lembaga, sesuai dengan kebutuhan programnya masing-masing,” jelasnya.

 Lanjutnya, untuk di wilayahnya sendiri APE tersebut diperuntukan bagi 50 Kelompok Bermain (KB), dan sembilan Taman Kanak-Kanak (TK).

 “APE sendiri tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari bola-bola, mainan edukatif, peralatan musik mini, hingga puzzle semuanya berfungsi sebagai pengasah motorik peserta didik,” tutur Ida.

 Sementara, Kepala Seksi Kelembagaan PNF Disdik Kabupaten Bogor, Wembi Syarief Chan mengatakan, terdapat enam kecamatan yang mendapatkan program bantuan APE.

 “Nantinya program bantuan juga akan menyisir wilayah lainnya. Terutama yang memiliki kekurangan pada ketersediaan APE di lembaga,” katanya.

 Sambung Wembi, pihaknya berharap bantuan ini mampu dimaksimalkan para lembaga, untuk meningkatkan kualitas pola pendidikan PAUD di wilayahnya masing-masing.

 “Di setiap lembaga memang wajib untuk menyediakan APE, sesuai dengan umur, ukuran, dan fungsi yang dibutuhkan dalam pelatihan pengembangan motorik anak. Namun, kami mengingatkan agar penyediaan alat permainan harus memiliki dasar keamanan bagi anak-anak,” pungkasnya.(DisdikPorlap)