CIBINONG – Guna mensukseskan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputerisasi (UNBK) tahun ini. Pemerintah Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor), pembahasan teknis bersama litas sektor di Gedung Serbaguna I kemarin, (14/2).

 Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdik Kabupaten Bogor, Hidayat menjelaskan, acara ini bertujuan untuk mematangkan persiapan teknis UNBK.

 “Rapat ini melibatkan Disdik, KCD Wilayah I, PLN, Telkom, tim help deks, Kemenag, hingga pelaksana tugas di wilayah dan lembaga yang akan melaksanakan UNBK,” jelasnya.

 Dipaparkannya, pihak Disdik sendiri membahas tentang persiapan teknis yang diantaranya, kesiapan PLN dan Telkom sebagai rekanan penyedia jasa arus listrik serta internet.

 “Tahun ini pelaksanaan UNBK akan diikuti sebanyak 1.009 SMP dan MTs, serta 122 lembaga PKBM. Untuk prangkat penunjang kami memastikan sudah siap digunakan, lantaran telah dipakai kegiatan Tryout,” papar Hidayat.

 Kepala KCD Wilayah I, Asep Sudarsono mengemukakan, pihaknya juga memastikan pelaksanaan UNBK di jenjang SMA dan SMK, akan berjalan lancar.

 Selain itu, pihaknya telah melakukan koordinasi kepada sekolah yang menjadi, lokasi penyelenggaraan UNBK Kesetaraan Paket B dan C.

 “Secara keseluruhan sudah siap, akan tetapi kami masih ingin memastikan asupan listrik serta internet bisa stabil. Tanpa ada kejadian pemadaman lampu, atau gangguan internet saat pelaksanaan,” ungkapnya.

 Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Luthfie Syam menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendorong, terlaksananya suasana kondusif serta lancar pada pelaksanaan UNBK nanti.

 “Dengan matangnya persiapan ini, kita optimis pelaksanaan UNBK di semua jenjang bisa berjalan lancar. Akan tetapi, tetap sekolah serta semua pihak menyiapkan teknis darurat, bilamana terjadi kendala pada saat kegiatannya nanti. Agar tidak merugikan atau membuat peserta didik cemas,” harapnya.(Disdikporlap)