CIBINONG - Guna memupuk rasa patriotisme dan membangun kemandirian muridnya. SMPN 3 Cibinong menyelenggarakan kegiatan Latihan Dasar Pendahuluan Bela Negara, di Asrama Bekang Kostrad, Kabupaten Bogor kemarin, (6/2).

Kepala SMPN 3 Cibinong, Muhamad Taryana menjelaskan, kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilakukan pihaknya.

"Tujuannya untuk membangunan dan mengembangkan lima sifat dasar anak. Diantaranya, karakter religius, nasionalisme, mandiri, gotong royong, dan berintergritas," jelasnya kepada PAKAR.

Dipaparkan Taryana, peserta terdiri dari 340 murid kelas VII, dan dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 3-4 Februari.

"Materi pelatihan diisi langsung oleh instruktur TNI. Agenda kegiatannya dibuat berkonsepkan outbond, mulai dari baris berbaris, tim work game, lintas alam dan keagamaan. Namun, semua itu dilakukan dalam pengawas penuh para ahli serta guru," paparnya.

Sementara, Kepala Seksi Peserta Didik SMP Disdik Kabupaten Bogor, Susilawati  mengemukakan, pihaknya menyambut baik kegiatan sejenis yang dilakukan sekolah.

Menurutnya, dengan adanya kegitan seperti itu akan meningkatkan kualitas karakter murid. Terutama saat ini Kabupaten Bogor mengusung program Bupati yakni, Bogor Keberadaban, dan Bogor Cerdas.

"Tentu dalam pelaksanannya harus dalam pengawasan ahli, serta tidak menggangu KBM murid. Selebihnya, kemungkinan besar dalam MPLS tahun ini, kita akan memperdalam materi tentang patriotisme dan pendidikan karakter bagi murid," pungkasnya.(DisdikPorlap).