SUKARAJA – Bertempat di SMPN 2 Sukaraja, Kecamatan Sukaraja. Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor mengadakan kegiatan Lomba GTK berprestasi jenjang SMP, Senin (1/4).

 Kepala Seksi GTK SMP Disdik Kabupaten Bogor, Didin Syarifudin menjelaskan, lomba ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan pemerintah, dalam upaya peningkatan daya saing kompetensi tenaga pendidik.

 “Kegiatan ini dilakukan untuk melihat, dan menguji tingkat kompetensi serta daya saing dari para guru di wilayah. Dimana pelaksanaan akan diadakan selama dua hari yakni, mulai tanggal 1-2 April,” jelasnya.

 Dipaparkan Didin, peserta berjumlah 48 orang yang terdiri dari elemen perwakilan pengawas, kepala sekolah dan guru.

 “Sebanyak empat orang mewakili dari elemen pengawas serta kepala sekolah. Sementara 44 lainnya merupakan peserta guru,” paparnya.

 Namun, diakuinya, pihkanya sedikit kecewa lantaran partisipasi jumlah peserta terutama di kalangan pengawas, dan kepala sekolah sangat sedikit.

 “Padahal perlombaan ini akan dilakukan hingga tingkat nasional. Dimana suatu kebanggan bilamana Kabupaten Bogor, kembali meraih gelar juara seperti tahun kemarin,” ungkapnya.

 Sementara, Kepala Bidang Pembinaan GTK Disdik Kabupaten Bogor, Asep A.Sudrajat mengemukakan, untuk proses penilaian terbagi menjadi empat sistem.

 Rincinya, materi porotofolio, tes tertulis, presentasi dan wawancara.

 “Nantinya setiap peserta akan dinilai melalui hasil tulisian karya ilmiah, selainjutnya tes tertulis, hingga memperesentasikan karya tulis tersebut. Hal itu berguna untuk menilai komptensi serta profesi,” tutur Asep.

 Sambungnya, tahun depan pihaknya berharap para GTK lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan perlombaan akademik yang diadakan pemerintah.

 “Hal ini juga bisa dijadikan bahan evaluasi Disdik, melihat sejauh mana perkembangan kompetensi guru daerah. Maka dari itu, saya berharap para tenaga pendidik lebih antusias, ketika mengikuti berbagai perlombaan yang diselenggarakan pemerintah,” harap Asep.(DisdikPorlap)