CILEUNGSI - Guna meningkatkan komptensi para warga belajar. LKP Marsha, Kecamatan Cileungsi menggadakan program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKC).

Ketua Pelaskana PKC LKP MARSHA, Lilis Sumiyati menjelaskan, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan pihaknya, dalam upaya peningkatkan softskill warga belajar.

"Kali ini PKC diikuti sebanyak 20 orang warga belajar dengan rentan usia produktif 20-35 tahun. Dimana pelaksanaanya bertotalkan selama 200 jam, pertanggal 01 Desember - 20 Januari 2019," jelasnya.

Dipaparkanya, untuk paparan materi meliputi empat kompetensi yakni, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Pendidikan Karakter, Kewirausahaan, dan Tata Busana.

"Paparan materi melibatkan unsur penilik, akademis, dan DPC FP-LKP Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor. Dimana pasca pelatihan nanti, para warga belajar yang ikuti akan mendapatkan sertifikat," ungkapnya.

Penilik PNF Kecamatan Cileungsi, Tete Miharja mengemukakan, program ini disasarkan bagi warga belajar atau masyarakat yang mayoritas berekonomi lemah. Untuk diberikan pembekalan softskill guna meningkatkan kualitas komptensi diri mandiri.

"Nantinya di akhir sesi pelatihan, para peserta akan diuji oleh tim penilai khusus sebagai standarisasi kualitas penilaian output," katanya.

Sementara, Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian PNF Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Elfi Nilahartani berharap, dengan adanya pengembangan program PKC bagi warga belajar di wilayah, akan mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Kami akan terus tingkatkan kualitas berbagai program pembinaan komptensi bagi warga belajar. Dengan harapan mereka memiliki kemampuan softskill yang bisa dipergunakan, untuk menunjang kualitas hidup," harapnya.(DisdikPorlap).