CIBINONG - Sebanyak ratusan guru Taman Kanak-Kanak (TK), mengikuti kegiatan pelatihan literasi dalam program Ramadhan pintar yang diadakan, Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI) Kabupaten Bogor di Gedung Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong kemarin, (9/5).

Wakil Ketua IGTKI Kabupaten Bogor, Robyati menjelaskan, kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan pihaknya. Dimana kali ini pelatihan mengusung tema pengembangan literasi bagi guru.

"Pelatihannya diikuti sebanyak 300 orang guru, perwakilan 40 Kecamatan se-Kabupaten Bogor. Dimana pematerinya melibatkan rekanan percetakan buku nasional," jelasnya.

Lanjutnya, kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas pengembangan motivasi literasi dari guru kepada murid.

"Karena jenjang TK tidak boleh ada Calistung secara pengajarannya. Maka dari itu dengan adanya pelatihan ini, guru diarahkan untuk melakukan dorongan akademik kepada anak, namun dengan teknis belajar sambil bermain," turur Robyati.

Sambung Robyati, maka dari itu selepas pelatihan ini, para peserta akan mendapatkan sejumlah buku yang bisa dipergunakan bagi pembelajaran murid.

"Buku akan bertemakan konsep pengembangan mengarang dan menulis. Sehingga murid akan termotivasi untuk melakukan pembiasaan literasi sejak dini," ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Luthfie Syam menuturkan, pihaknya mendukung kegiatan pengembangan akadmik yang dilakukan IGTKI.

Namun, dirinya mengingatkan kepada seluruh tenaga pendidik jenjang PAUD dan TK, agar tidak melakukan mode pembelajaran calistung seperti pada pendidkan formal.

"Semoga dengan adanya penguatan SDM yang dilakukan IGTKI, akan meningkatkan kualitas pengajaran dari tenaga pendidik jenjang TK. Dengan harapan kedepannya para peserta didik bisa lebih termotivasi, dalam melakukan kegiatan literasi sedini mungkin," harap Luthfie.(Disdikporlap)